HOME » BERITA » PARKIR INAP BANDARA TAK PERLU LAGI DILAKUKAN SECARA MANUAL

Parkir Inap Bandara Tak Perlu Lagi Dilakukan Secara Manual

Jum'at, 01 Februari 2019 07:15 Editor : Nurrohman Sidiq
Robot Parkir Valet (Carscoops)

OTOSIA.COM - Perkembangan teknologi otonom di dunia nampaknya tidak hanya akan menjangkiti kendaraan saja, beberapa ranah lain juga akan mulai menerima kehadiran robot otonom. Salah satunya yakni dalam urusan mencari parkir.

Dilansir dari Carscoops, saat ini Gatwick London bersiap melakukan eksperimen dan melakukan pengembangan terkait sistem parkir canggih di masa depan. Sistem parkir canggih yang dimaksud adalah menggunakan robot otonom sebagai pengangkut kendaraan dari tempat parkir sementara ke tempat parkir inap di bandara.

Seperti yang dilaporkan oleh CNN Business, robot tersebut nantinya akan berbentuk seperti lemari besar yang akan datang menjemput setiap kendaraan parkir. Selanjutnya robot tersebut akan memasukkan bagian penyangga bawahnya ke bagian depan atau belakang mobil.

Baru setelahnya robot otonom tersebut akan mengangkat kendaraan yang akan parkir dan kemudian memindahkannya ke tempat parkir yang sesuai.

Pihak bandara berharap dengan menggunakan sistem parkir robot otonom, akan memungkinkan pihaknya untuk memakirkan kendaraan dalam jumlah lebih banyak ke dalam dibandingkan kapasitas ruang parkir yang dipakai sebelumnya.

Robot otonom ini merupakan produksi dari perusahaan Stanley Robotics yang sebelumnya pernah diuji coba di bandara Charles De Gaulle dan Bandara Lyon, Prancis.

Sedangkan untuk uji coba di bandara Gatwick sendiri, diprediksi akan memakan waktu hingga tiga bulan lamanya. Penggunaan robot parkir otonom ini diklaim dapat membuat kapasitas parkir dari yang sebelumnya 170 mobil menjadi 270 mobil.

Untuk menambah kenyamanan, robot otonom ini nantinya akan memiliki detail dan jadwal penerbangan penggunanya, sehingga saat penggunanya tiba kembali di bandara awal, robot otonom tersebut dapat segera mengeluarkan mobil tersebut dari tempat parkir inap.

Konsep ini sebenarnya hampir mirip dengan sistem parkir valet, hanya saja kini tenaga manusia sebagai valet akan digantikan perannya oleh robot otonom tersebut.

Pihak konstruksi sendiri saat ini akan meningkatkan beberapa fasilitas parkir pada bulan April dan Agustus untuk menghilangkan beberapa hambatan-hambatan yang mungkin dapat membingungkan robot-robot tersebut. Hambatan tersebut antara lain retakan pada konstruksi dan tiang lampu.

Reporter : Muhammad Ikbal

 

(kpl/ikb/sdi)

BERI KOMENTAR