HOME » BERITA » PART MOTOR CUSTOM INI TETAP LARIS DI SAAT PANDEMI COVID-19

Part Motor Custom ini Tetap Laris di Saat Pandemi COVID-19

Meski pengerjaan motor custom di bengkel sempat turun 40%, sedikitnya ada 5 part custom yang tetap laris saat pandemi COVID-19

Rabu, 29 Juli 2020 17:15 Editor : Nazarudin Ray
Part Motor Custom ini Tetap Laris di Saat Pandemi COVID-19
Ilustrasi motor-motor custom (Nazar Ray)

OTOSIA.COM - Meski sempat terjadi penurunan sebesar 40 persen pada Maret lalu akibat pandemi corona , pengerjaan motor custom berbagai aliran di sejumlah bengkel tetap berjalan. Sejalan dengan mulai banyaknya unit motor yang masuk ke bengkel custom, penjualan part custom ikut terdongkrak.

Selama pandemi, komponen custom yang diburu kebanyakan masuk kategori premium. Artinya, memiliki kualitas pengerjaan cukup baik, dan tentu saja harga sedikit lebih tinggi dari part biasa.

Larisnya part premium tidak terlepas dari penurunan permintaan custom di segmen low-end. Sebab di kelas inilah yang paling terdampak krisis ekonomi akibat pandemi COVID-19.

Arie Indra Perkasa dari Street Arts Custom menyebutkan, setidaknya ada lima part custom premium yang paling laku selama COVID-19 hingga memasuki era new normal. Di sisi lain, permintaan aksesoris handmade bikinan asli Street Arts Custom juga tinggi.

1 dari 1 Halaman

Arie menyebutkan, ban Shinko, headlamp daymaker original, knalpot, dan body parts menjadi komponen motor custom yang banyak dibeli dan digunakan. "All parts premium paling banyak dibeli. Kalau yang murah-murah gak laku," ungkapnya.

Dalam kesempatan ini Arie juga membantah anggapan bahwa tren motor custom sudah menurun tahun ini terutama sejak COVID-19 mendera Indonesia.

Sebagai bukti motor custom masih tetap digandrungi, lanjut Arie, mulai meningkatnya permintaan penggarapan motor custom. Pada bulan Mei terjadi kenaikan 10%, bahkan di bulan Juni menanjak sampai 25%.

"Juli grafisnya flat, atau stabil. Jadi ini membuktikan bahwa tren motor cusom tidaklah surut. Walaupun ada penurunan pada bulan maret sampai pertengahan April," tukasnya.

Arie meyakini hingga akhir tahun industri motor custom akan semakin membaik. Tren tersebut sudah terindikasi dengan mulai banyaknya motor yang masuk ke bengkel dan penjualan parts custom telah bergerak naik.

 

BERI KOMENTAR