HOME » BERITA » PARTAI POLITIK BISA MEMENGARUHI PEMILIHAN WARNA MOBIL

Partai Politik Bisa Memengaruhi Pemilihan Warna Mobil

Partai politik yang populer di suatu lokasi ternyata bisa mempengaruhi pilihan warna mobil. Begini rinciannya.

Kamis, 23 Juni 2022 08:00 Editor : Arendra Pranayaditya
Partai Politik Bisa Memengaruhi Pemilihan Warna Mobil
Daihatsu Sirion facelift dengan warna merah (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

OTOSIA.COM - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengajak para awak media untuk menjajal lengkap Daihatsu Sirion terbaru setelah debut perdananya di tanggal 2 Juni 2022 silam. Pasalnya city car andalan Daihatsu ini menjadi lebih ideal dibanding model sebelumnya.

Lokasi pengetesan berada di Sulawesi Utara, di mana ADM telah menyiapkan rute di sekitar Kota Tomohon dan Manado. Sementara waktu pengetesan berlangsung pada tanggal 21-23 Juni 2022.

1 dari 3 Halaman

Meski baru 1 hari menjalankan pengetesan, ada beberapa perbedaan hal terkait mobil-mobil di jalan. Salah satunya adalah pemilihan warna, di mana warna merah sering menjadi pilihan favorit.

Yang menarik, banyaknya pilihan warna merah di kota-kota Sulawesi Utara berkaitan dengan unsur politik.

Pasalnya banyak warga Sulawesi Utara kerap dikenal mendukung partai Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P). Lantas, pilihan warna mobil para konsumen disamakan dengan identitas warna partai dukungan mereka.

2 dari 3 Halaman

Bahkan pengaruh partai tersebut bisa dibilang cukup kuat, lantaran warna merah merupakan warna terlaris di Sulawesi Utara dan lokasi lainnya yang mendukung PDI-P, seperti Bali.

"Dari 15 Kabupaten, hanya dua yang tidak mendukung PDI-P. Kalau lewat Jarod (Jalan roda) tempat orang ngopi, itu toko-toko semuanya merah. Kekuasaan politik cukup berpengaruh terhadap selera orang," papar Tulus Pambudi, Kepala Wilayah Indonesia Bagian Timur PT AI-DSO.

"Bali merah semua tidak ada warna lain. Mereka lebih dulu (memilih warna merah) dibanding disini (Sulawesi Utara). Warna hitam tidak laku, yang laku cuman merah disana," sambungnya.

Kendati warna merah menjadi warna favorit di Sulawesi Utara dan Bali, untuk Daihatsu Sirion pilihan warna favorit secara menyeluruh cukup berbeda.

3 dari 3 Halaman

Warna Sirion

Meski warna merah merupakan salah satu pilihan favorit di segmen city car dan menjadi highlight color untuk Daihatsu Sirion facelift, posisi kedudukannya masih kalah dibanding warna putih.

?Warna merah itu merupakan salah satu warna favorit di segmen ini. Warna merah itu nomor dua. (Sementara) yang paling banyak dipilih itu adalah warna putih," beber Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Tbk. Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) di kesempatan yang sama.

Lantas, secara berurutan, warna Sirion paling laris adalah putih, merah, abu-abu, serta  perak, "Warna putih itu paling besar yaitu 31%, warna merah di 21% yang dekat sekali dengan warna abu-abu di 20%. Setelahnya adalah silversekitar 17%," tutup Hendrayadi.

BERI KOMENTAR