HOME » BERITA » PASANG BUSI SEMBARANGAN, RISIKONYA BISA FATAL

Pasang Busi Sembarangan, Risikonya Bisa Fatal

Selasa, 08 Mei 2018 09:45

Pasang Busi Sembarangan, Risikonya Bisa Fatal
Foto by Hafid
Editor : Dini Arining Tyas | Reporter : Muhammad Hafid Asisi

Otosia.com - Memasang busi tak boleh sembarangan. Dalam memasang busi kendaraan terdapat langkah-langkah yang harus diperhatikan.

Meski memasang busi terbilang mudah, kesalahan yang dilakukan dapat membuat kinerja busi menjadi menurun atau bahkan mengalami kerusakan parah.

Adapun beberapa kerusakan yang dapat terjadi seperti ulir menjadi aus, metal shell pecah hingga insulator retak.

Kerusakan ulir sendiri terjadi akibat pemasangan busi dalam posisi miring. Hal ini sebenarnya dapat diantisipasi dengan memasang busi terlebih dahulu menggunakan tangan. Ketika posisinya dirasakan sudah tepat, kunci busi dapat digunakan untuk mengencangkan.

Sedangkan kerusakan pada meetal shell biasanya disebabkan pengaplikasian torsi pengencangan yang berlebihan. Menurut tenaga penjual busi NGK di gelaran Yamaha Sunday Race 2018, Minggu (6/5/2018), ukuran torsi pengencangan perlu disesuaikan dengan ukuran diameter dari ulir busi. Selain itu, baru tidaknya busi ikut mempengaruhi besaran torsi pengencangan yang diberikan.

Terakhir untuk kondisi insulator pecah biasanya disebabkan karena kunci pas busi tergelincir. Jika sudah begini, tidak ada cara lain selain mengganti busi baru. Namun, untuk mengantisipasi terjadinya kondisi ini lagi, gunakan kunci pas tipe-hex yang yang tidak tergelincir saat melakukan pemasangan busi.

 (kpl/fid/tys)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2018-5-14
detail

BERITA POPULER