HOME » BERITA » PASAR MOBIL BEKAS DI INDONESIA SANGAT MENJANJIKAN

Pasar Mobil Bekas di Indonesia Sangat Menjanjikan

Pasar kendaraan bekas di Indonesia sangat menjanjikan. Tidak heran meski di tengah pandemi banyak bermunculan platform-platform jual beli mobil seken online.

Rabu, 22 September 2021 16:45 Editor : Nazarudin Ray
Pasar Mobil Bekas di Indonesia Sangat Menjanjikan
Ilustrasi platform e-commerce mobil seken (OtoDeals)

OTOSIA.COM - Selain mobil baru, penjualan mobil bekas juga tetap menggeliat di Asia Tenggara. Dengan jumlah rata-rata 5 juta unit mobil bekas yang terjual tiap tahun menempatkan Asia Tenggara sebagai pasar kendaraan seken terbesar kelima di dunia.

Bagaimana dengan Indonesia? Kendati rasio kepemilikan kendaraan berdasarkan data Gaikindo mencapai 99 unit per 1.000 penduduk, penjualan mobil seken di Indonesia tetap menjanjikan. Selain harga lebih terjangkau, kendaraan bekas punya pasar tersendiri.

1 dari 5 Halaman

Tidak heran jika di Indonesia terus bermunculan perusahaan-perusahaan yang menawarkan platform e-commerce jual-beli mobil seken, baik lokal maupun dari luar negeri. Masing-masing menawarkan kemudahan, kemananan dan kepuasan transaksi secara online.

Salah satu pemaian di bisnis ini, OtoDeals, menyatakan optimis bahwa platform e-commerce beli mobil seken akan makin banyak dimanfaatkan oleh masyarakat yang membutuhkan kendaraan tanpa perlu repot mendatangi dealer mobil bekas atau penjual satu persatu.

2 dari 5 Halaman

"Kita berharap di tahun ini (OtoDeals) diterima oleh seluruh masyarakat dan mendapat respon positif dari masayarakat," ujar Nurfadilah selaku Senior Manager Marketing MPMX OtoDealss saat launching virtual OtoDeals.

Untuk meningkatkan daya saing, OtoDeals secara kontinyu memperbaiki dan menambah fitur-fitur baru pada layanan transaksi sesuai perkembangan dan kebutuhan konsumen mobil bekas.

3 dari 5 Halaman

Selain itu OtoDeals juga akan memperluas jaringan secara nasional untuk lebih banyak konsumen di berbagai kota besar di Indonesia. Saat ini jaringan mobil bekas OtoDeals baru sebatas Jabodetabek.

"Kita berencana memperluas jaringan sampai ke level nasional. Untuk strateginya, kita berupaya menyajikan campaign-campaign yang menarik, menambah value added ke konsumen, memberikan sinergi konten yang menarik dan menciptakan virality yang dapat membuat trafik ke OtoDeals," ungkap Nurfadilah.

4 dari 5 Halaman

Menambah layanan

OtoDeals juga berupa menciptakan pengalaman berbeda ke konsumen ketika melakukan transaksi dan menjamin kondisi kendaraan yang dijual.

"Kami juga akan meningkatkan fitur-fitur layanan, baik experience services, peningkatan inspeksi kendaraan, yang disesuaikan dengan kebutuhan bro sis. Kami juga membuka peluang kerjsama dengan diler mobil bekas dan perorangan agar konsumen jauh lebih beragam," paparnya.

 

5 dari 5 Halaman

Meski hadir di tengah masa pandemi, OtoDeals optimis memiliki peluang yang baik dan bisa turut meramaikan pasar mobil bekas di Indonesia yang masih sangat diminati dan diyakini akan terus berkembang, karena saat ini sebagian besar peminat mobil juga cenderung mempertimbangkan nilai investment value dan kondisi finansial sehingga lebih memilih membeli mobil bekas berkualitas dan terjamin kondisinya.

"MPMX melihat berbagai peluang dan melakukan langkah-langkah adaptif juga inovatif dalam mengembangkan bisnis ke arah digital, sebagai upaya agar terus mampu berkompetisi di masa depan. Selain itu, kami juga memahami bahwa market saat ini telah merambah ke generasi yang lebih muda, lebih tech savvy, dan mengutamakan kemudahan dalam memperoleh barang dan jasa yang dibutuhkan," ujar Ivan Hindarko, Group COO MPMX.

BERI KOMENTAR