HOME » BERITA » IMBAS BOM POLRESTABES MEDAN, KAPOLRI INSTRUKSIKAN KANTOR POLISI STERIL OJOL

Imbas Bom Polrestabes Medan, Kapolri Instruksikan Kantor Polisi Steril Ojol

Pelaku bom bunuh diri di Polrestabes Medan memakai atribut ojek online. Imbasnya, kini kantor polisi disterilkan dari ojol.

Rabu, 13 November 2019 21:15 Editor : Dini Arining Tyas
Imbas Bom Polrestabes Medan, Kapolri Instruksikan Kantor Polisi Steril Ojol
Bom bunuh diri di Polrestabes Medan (NTMC Polri)

OTOSIA.COM - Penjagaan di setiap markas komando kepolisian kini diperketat, pasca insiden bom bunuh diri di Polrestabes Medan, Rabu (13/11/2019). Salah duanya yakni Polda Sulawesi Utara dan Bali yang melarang driver ojek online memasuki mako.

Pasalnya, pelaku bom bunuh diri yang terjadi di Medan pagi ini, Rabbial Muslim Nasution (24) memasuki Polrestabes Medan menggunakan jaket driver ojek online.

"Barusan ada petunjuk Kapolri bahwa ojol atau taksi angkutan online dilaran gmasuk dan berhenti untuk naikkan atau turunkan penumpang di sekitar Markas Polri," kata Kabid Humas Polda Bali, Kombes Hengky Widjaja, Rabu (13/11/2019).

1 dari 4 Halaman

Perketat Keamanan

Imbas Bom Polrestabes Medan, Kapolri Instruksikan Kantor Polisi Steril OjolPerketat Keamanan

Hengky juga menerangkan, untuk para pengguna jasa agak menjauh dari kantor polisi bila bertransaksi. "Agak jauhlah dari Markas Polri," uajrnya.

Selain itu, Hengky mengimbau kepada para wisatawan lokal dan asing untuk tak panik dan khawatir. Polda Bali kini telah melakukan pengamanan, mulai pintu masuk dan keluar Bali, hingga objek-objek wisata.

"Dengan adanya bom di Medan, kita (Polda Bali dan jajaran, red), semakin meningkatkan pengawasan objek vital umum dan kantor Kepolisian di Bali," tutur Hengky.

2 dari 4 Halaman

Pelayanan SKCK

Imbas Bom Polrestabes Medan, Kapolri Instruksikan Kantor Polisi Steril OjolPelayanan SKCK

Sementara itu, untuk pelayanan SKCK di seluruh Kantor Kepolisian di Bali juga berjalan normal. Untuk para pengunjung, baik sopir taksi onlie atau tidak, tetap diperiksa secara ketat sebelum masuk ke kantor polisi.

"Sudah ada SOP-nya untuk pemeriksaan kendaraan dan barang bawaan yang akan masuk ke kantor. Mulai tinggalkan kartu identitas, cek barang bawaan, cek badan dan ada camera CCTV Face recognize setiap tamu yang terhubung dengan command center," tandasnya.

Sumber: Merdeka.com

3 dari 4 Halaman

Larangan di Polda Sultra

Imbas Bom Polrestabes Medan, Kapolri Instruksikan Kantor Polisi Steril OjolLarangan di Polda Sultra

Pasca ledakan bom bunuh diri yang terjadi di Polrestabes Medan, Rabu (13/11/2019), setiap mako meningkatkan pengamanan. Termasuk Polda Sulawesi Utara dan jajarannya.

Di Polda Sulawesi Utara, bahkan ada larangan ojek online masuk ke dalam markas. Mereka yang memiliki kepentingan hanya bisa memiliki akses hingga di penjagaan depan saja.

"Jadi pengantar makanan online atau ojek online cukup berhenti di penjagaan saja. Kemudian anggota yang memesan makanan langsung ke penjagaan untuk mengambil. Begitupun yang memesan ojek online harus ke penjagaan," jelas Kepala Sub Bidang Penerangan Masyarakat, Humas Polda Sultra, Kompol Agus Mulyadi, Rabu (13/11/2019), disitat dari laman NTMC Polri.

4 dari 4 Halaman

Tindakan Antisipasi

Imbas Bom Polrestabes Medan, Kapolri Instruksikan Kantor Polisi Steril OjolTindakan Antisipasi

Agus memastikan, pasca insiden tersebut tidak ada lagi ojol maupun pengantar makanan online yang masuk ke Markas Polda Sultra. Agus menambahkan, sebelum insiden tersebut terjadi, Polda Sultra sudah meningkatkan penjagaan dan pengamanan.

"Polda Sultra jauh-jauh hari sudah melakukan antisipasi dalam hal pengamanan markas. Sejak Pilpres kemarin, kemudian sejak mahasiswa yang melakukan unjuk rasa, sehingga pengamanan harus diperketat. Jadi setiap kendaraan yang masuk harus diperiksa dengan baik," tandasnya. 

BERI KOMENTAR