HOME » BERITA » PASUKAN MILITER AMERIKA SERIKAT TINGGALKAN 43.000 FORD RANGER DI AFGHANISTAN

Pasukan Militer Amerika Serikat Tinggalkan 43.000 Ford Ranger di Afghanistan

Mobil Ford Ranger milik tentara Amerika Serikat jatuh ke tangan kelompok Taliban, Afghanistan

Selasa, 07 September 2021 19:15 Editor : Ahmad Muzaki
Pasukan Militer Amerika Serikat Tinggalkan 43.000 Ford Ranger di Afghanistan
Ford Ranger (Carscoops)

OTOSIA.COM - Kelompok militan Taliban diketahui telah berhasil merebut pemerintahan Afghanista sejak beberapa waktu lalu. Mereka memberikan batas waktu hingga 31 Agustus 2021 untuk pasukan militer Amerika Serikat meninggalkan Afghanistan.

Dilansir dari Zing, pasukan militer Amerika Serikat pun akhirnya benar-benar meninggalkan negara tersebut pada akhir Agustus lalu. Selain itu, mereka meninggalkan ribuan kendaraan militer di sana.

1 dari 4 Halaman

43 Ribu Unit Ford Ranger

Tercatat ada 43.000 unit Ford Ranger yang ditinggalkan tentara Amerika Serikat di sana. Tak hanya itu saja, ada juga 22.000 unit mobil Humvee.

Setelah tentara terakhir Amerika meninggalkan Kabul, Ibukota Afghanistan, dengan menaiki pesawat, kendaraan-kendaraan militer tadi jatuh ke tangan kelompok Taliban. Mereka tampak menaiki mobil tentara AS sambil merayakan kemenangannya di jalan.

2 dari 4 Halaman

Total Nilai Kendaraan dan Senjata

Jika ditotal, nilai kendaraan dan senjata militer AS yang ditinggal di Afghanistan mencapai jutaan dolar. "Semua peralatan militer harus segera dikembalikan ke Amerika Serikat, tidak meninggalkan sepeser pun dari biaya $85 miliar," kata mantan Presiden AS Donald Trump kepada The Washington Post.

Biaya $85 miliar atau Rp1.179 triliun dipakai pemerintah AS untuk melatih tentara Afghanista. Selain itu, mereka juga menghabiskan biaya $750 juta atau Rp10 triliun untuk menggaji tentara tersebut (Kurs $1=Rp14.216).

3 dari 4 Halaman

Kemudian ada $83 juta atau Rp1,1 triliun telah didistribusikan ke Dana Pasukan Keamanan Afghanistan sejak AS terlibat perang pada tahun 2001. Sebuah laporan dari Kantor Akuntabilitas Pemerintah AS pada 2017 lalu memperkirakan bahwa 29% uang tersebut dipakai untuk membeli peralatan dan kendaraan militer.

Laporan tersebut juga menyebutkan bahwa antara 2005 hingga 2016, AS telah membeli 76 ribu kendaraan untuk dipakai di Afghanista, di antaranya 43 ribu Ford Ranger, 22 ribu Humvee, dan 900 kendaraan lapis baja MRAP.

4 dari 4 Halaman

Pihak AS pun tidak sembrono saat hendak meninggalkan Afghanistan. Sebelum meninggalkan Kabul, militer AS telah melumpuhkan 70 MRAP, 27 Humvee, dan 73 pesawat secara permanen.

"Pesawat-pesawat itu tidak akan pernah terbang lagi. Mereka tidak akan pernah dikemudikan oleh siapa pun," kata Jenderal Kenneth F. McKenzie Jr, Komandan Komando Pusat AS.

BERI KOMENTAR