HOME » BERITA » PATENKAN TEKNOLOGI, MOBIL LISTRIK APPLE AKAN BISA BACA ISYARAT ARAHAN POLISI

Patenkan Teknologi, Mobil Listrik Apple Akan Bisa Baca Isyarat Arahan Polisi

Apple mematenkan sejumlah teknologi. Kemungkinan beberapa teknologi itu akan disematkan untuk Apple Car.

Sabtu, 20 Maret 2021 13:15 Editor : Dini Arining Tyas
Patenkan Teknologi, Mobil Listrik Apple Akan Bisa Baca Isyarat Arahan Polisi
Apple Car versi render (Autoevolution)

OTOSIA.COM - Proyek mobil listrik Apple masih terus menjadi teka-teki. Apple tak pernah secara langsung mengungkapkan rencana mereka terkait Project Titan.

Meski begitu, informasi tentang Apple Car justru terus mengalir dari beberapa pihak. Produsen iPhone itu diketahui sudah sampai di tahap sedang mencari partner untuk memproduksi Apple Car.

Sementara itu, Apple sendiri terus fokus untuk mengembangkan perangkat lunak yang akan disematkan untuk mobilnya. Maka dari itu, kini diketahui Apple sudah mengajukan serangkaian teknologi untuk dipatenkan.

1 dari 3 Halaman

Dilansir dari Autoevolution, salah satu ide teknologi yang dipatenkan itu bernama Traffic Direction Gesture Recognition. Teknologi ini belum tentu disematkan untuk Apple Car, tapi bukan tidak mungkin.

Dijelaskan dalam rincian paten, teknologi tersebut memungkinkan sebuah mobil yang bisa secara otomatis mendeteksi isyarat tangan dari polisi lalu lintas. Maka mobil kemudian akan bergerak sesuai dengan gestur petugas.

Dengan kata lain, kendaraan otonom ini bisa membaca gestur dan memperlambat, berhenti, atau berbelok sesuai dengan apa yang dilakukan oleh petugas di dpeannya dengan menggunkana gestur tangan.

2 dari 3 Halaman

(c) Autoevolution

Mobil akan dilengkapi dengan serangkaian sensor untuk memastikan sinyalnya terdeteksi dengan benar. Sensor yang disematkan juga dipakai untuk mendeteksi pejalan kaki dan rintangna lain di sekitar kendaraan atau di sepanjang rute perjalanan mobil.

"Data sensor bisa digabungkan dan dianalisis untuk mengidentifikasi kondisi pengalihan lalu lintas, termasuk mengidentifikasi petugas lalu lintas yang mengarahkan lalu lintas menggunakan isyarat atau rambu," begitu penjelasan Apple dalam paten.

3 dari 3 Halaman

Data yang dikumpulkan oleh kendaraan bisa dipaka untuk mobil lain yang terhubung. Sehingga data itu bisa dipakai untuk persiapan mobil saat mendekati petugas polisi lalu lintas, untuk respons yang lebih cepat.

"Kendaraan mungkin dilengkapi dengna perangkat pengenal perintah untuk memberi tahu petugas lalu lintas atau perintah manuver. informasi, seperti pengalihan lalu litnas dan informasi jalan memutar, dapat dibagikand engan kendaraaan dan perangkat lain, atau disimpan dalam database," begitu keterangan dalam dokumen.

BERI KOMENTAR