HOME » BERITA » PATUHI REGULASI, MOBIL HONDA KELUARAN 2021 DILENGKAPI APAR

Patuhi Regulasi, Mobil Honda Keluaran 2021 Dilengkapi APAR

Seluruh mobil Honda keluaran 2021, baik produksi lokal maupun CBU, sudah memiliki APAR.

Senin, 18 Januari 2021 17:45 Editor : Cornelius Candra
Patuhi Regulasi, Mobil Honda Keluaran 2021 Dilengkapi APAR
APAR di mobil (mygaragestory.net)

OTOSIA.COM - Menanggapi regulasi terkait kendaraan roda empat baru wajib memiliki alat pemadam api ringan (APAR), PT Honda Prospect Motor (HPM) memastikan bahwa seluruh produknya telah mematuhi aturan tersebut.

Yusak Billy, Bussiness Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM, menyebut bahwa seluruh mobil Honda keluaran 2021 dilengkapi APAR, baik yang diproduksi di Indonesia maupun berstatus CBU (completely built-up).

"Untuk mobil Honda VIN 2021 itu pasti akan kami lengkapi APAR. Mengenai jenisnya, ukurannya, dan spesifikasi seperti apa, kami sudah bicarakan dengan pihak Gaikindo dan sesuai regulasi dari pemerintah," terang Yusak saat konferensi pers virtual sore tadi (18/1).

1 dari 1 Halaman

Sayangnya, penambahan APAR ini juga berpengaruh ke harga mobil Honda. Yusak menyebut bahwa kenaikannya sekitar 1% lantaran tersemat kelengkapan baru.

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mulai tahun 2021 ini mewajibkan semua kendaraan roda empat dilengkapi APAR. Hal itu tertuang dalam Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor KP.972/AJ.502/DRJD/2020 tentang Fasilitas Tanggap Darurat Kendaraan Bermotor pasal 2 ayat 2.

Ketersediaan APAR di mobil sebenarnya bukan tanpa alasan. Ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan keselamatan berkendara, terlebih jika terjadi kebakaran dan membutuhkan penanganan cepat.

BERI KOMENTAR