HOME » BERITA » PEDULI PEJALAN KAKI, TOYOTA SEMPURNAKAN PENCAHAYAAN LAMPU

Peduli Pejalan Kaki, Toyota Sempurnakan Pencahayaan Lampu

Rabu, 04 Januari 2012 10:10

Peduli Pejalan Kaki, Toyota Sempurnakan Pencahayaan Lampu
AHS pada Lexus (Foto: Caradvice)
Editor : Alvin Mobil Terkait : Mobil Toyota Camry Dijual

Kapanlagi.com - Tak hanya melulu memperhatikan kenyamanan para pelanggan dan dalam rancangan mobilnya, Toyota juga sangat peduli terhadap keselamatan pejalan kaki/pedestrian. Hal itu diwujudkan salah satunya ke dalam mengembangkan Advanced Headlight System (AHS), karena para pejalan kaki adalah pihak paling rentan terhadap resiko kecelakaan lalu lintas di malam hari.

Advanced Headlight System (AHS) memungkinkan pengemudi untuk tetap menggunakan high beam sepanjang perjalanan. Sistem ini secara otomatis menutup sebagian pancaran sinar lampu agar tidak menyilaukan pengemudi dari arah berlawanan, sementara bagian lain tetap tersinari dengan sempurna.

Teknologi ini adalah pengembangan dari auto-high beam system yang dipakai di sejumlah model Toyota termasuk Toyota Camry. Sistem ini secara otomotif mengubah dari high beam ke main beam ketika ada mobil lain melaju dari arah berlawanan.

Prototype system ini terus disempurnakan di kantor pusat riset dan pengembangan Toyota di Jepang. AHS dilengkapi shutters yang dipasang di lampu utama yang bisa aktif di posisi tertentu sesuai dengan masukan dari kamera yang terpasang di spion tengah. Kamera ini bertugas menentukan apakah ada mobil yang datang dari arah depan atau belakang.

Jika ada mobil datang dari arah berlawanan, maka shutter ini menciptakan 'black spot' untuk sementara waktu sampai mobil itu lewat. Shutter ini menghambat pancaran sinar sebagian lampu agar pengemudi dari arah berlawanan tidak silau, sementara sisi jalan yang lain tetap tersinari dengan sempurna sehingga bisa mengetahui lebih dini jika ada pejalan kaki atau pengendara sepeda.

Sistem ini bisa bekerja di jalan lurus maupun berliku-liku dan masih terus disempurnakan. Misalnya kamera yang dipakai bisa salah menginterpretasi pendaran sinar rambu-rambu jalan sebagai lampu mobil.

"Memang itu mungkin terjadi, namun teknologi kamera sudah mengalami banyak kemajuan," kata Fujiyoshi Satoshi, assistant manager of lighting systems, Toyota seperti dilaporkan caradvice.com. "Teknologi ini belum matang benar. Saat ini fokus kami adalah membantu pengemudi mendeteksi pedestrian," pungkasnya.   (toyota/bun)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2018-5-14
detail

BERITA POPULER