HOME » BERITA » PEGIAT CUSTOM INDONESIA BIKIN KONTES MOTOR DI ITALIA

Pegiat Custom Indonesia Bikin Kontes Motor di Italia

Beberapa pegiat motor kustom Indonesia membuat kontes modifikasi di Italia dan mendapat apresiasi dari para builder dunia.

Rabu, 23 Januari 2019 17:15 Editor : Cornelius Candra
Suryanation Motorland Custom Contest 2019 (Istimewa)

OTOSIA.COM - Ramainya musim motor custom turut menghidupkan pula pertukaran informasi dan kesempatan berbagi ide antar-negara, termasuk dengan adanya kesempatan rutin yang diadakan Suryanation Motorland selama tahun-tahun belakangan ini.

Di awal 2019 ini, Suryanation Motorland lagi-lagi mengajak para pemenang kontes motor custom tingkat nasional mereka ke Motor Bike Expo yang berlangsung di Veronafiere, Verona, Italia.

Tapi bukan cuma unjuk gigi, dan bahkan masuk tiga besar podium. Suryanation Motorland di sini juga bikin kontes khusus. Namanya Suryanation Motorland Custom Contest.

Pesertanya adalah builder-builder internsional. Lalu jurinya berjumlah total 10 orang, baik dari kalangan builder maupun dari media massa luar negeri.

Mereka adalah Cory Ness (dari Arlen Ness Motorcycles), Shinya Kimura (Chabott Engineering), Kirk Taylor (Custom Design Studio), Bimo Hendrawan (Bimo Custombikes), dan Maria Eliot (Eliot Iron Magazine).

Ada juga Moreno Persello (Bikers Life), Kia Niedrich (Easy Riders Magazine), Onno Wieringa (Photomadness), Minoru Uemura (Vibes Magazine), dan Missy Murphy (Kuryakyn).

"Suryanation Motorland Custom Contest yang baru pertama diadakan ini ternyata dapat sambutan sangat baik dari para builder di Motor Bike Expo 2019. Beberapa tokoh custom dunia bersedia menjadi bagian dari kontes yang kami selenggarakan. Tentunya ini merupakan kehormatan luar biasa bagi kami," kata Rizky Dwianto, Suryanation Motorland Committee.

Suryanation Motorland Custom Contest terdiri dari 4 kelas, yakni Cafe Racer, Vintage/Old School Class, Modified Harley Class, dan Championship Class.

Lalu ada Special Award yang terbagi menjadi dua kategori, yaitu Best Paint dan Best Engine. Sementara itu, trofi paling bergengsi dari kontes ini adalah The Greatest Bike Suryanation Motorland Custom Contest.

Kontes ini mendapatkan sambutan yang luar biasa dari pengunjung dan juga para builder. Area stage utama yang ada di Hall 1 tampak dipenuhi pengunjung saat pengumuman. Yang menarik, selain memberikan hadiah total sampai 8.000 euro, pemenangnya akan mendapat hadiah perjalanan ke Indonesia sekaligus membawa sepeda motornya.

Di kontes ini, Hazard Motorcycle berhasil mendapatkan 2 kategori di Suryanation Motorland Custom Contest, masing-masing juara 1 Old School Class dan juga The Best Engine untuk motor Harley-Davidson Sportser Iron Head buatan mereka.

Nah, untuk gelar bergengsi The Greatest Bike Suryanation Motorland Custom Contest di Motor Bike Expo 2019, predikatnya diberikan kepada Mirko Perugini dari Gallery Motorcyles. Motornya yang bernama "Deeva" dan berbasis Harley-Davidson JD tahun 1920 mendapatkan apresiasi tertinggi.

Kemenangan ini dengan demikian akan membawa Mirko dan motor buatannya ke Suryanation Motorland 2019. Ia sendiri kaget setelah tahu motor miliknya berhasil jadi The Greatest Bike Suryanation Motorland Custom Contest.

"Motor milik Mirko layak dinobatkan sebagai The Greatest Bike karena dari segi detail dan pengerjaannya benar-benar disiapkan dengan baik, hampir pada seluruh bagiannya. Motor ini juga mengandalkan mesin H-D Vintage yang sudah tentu menjadi tantangan untuk proses restorasi. Harapannya saat dibawa ke Indonesia, motor ini nantinya akan banyak memberi inspirasi builder di Tanah Air," tambah Rizky, Suryanation Motorland Committee.

Kehadiran Suryanation Motorland sendiri di acara Motor Bike Expo mendapatkan apresiasi dari beberapa media internasional dan juga builder dunia, antara lain Horst Rosler, fotografer profesional dari majalah Motographer.de yang berasal dari Jerman.

"Respek tinggi saya berikan buat Suryanation Motorland yang sudah datang jauh dari benua lain untuk memberikan apresiasi pada karya builder di Eropa. Apalagi motor dan buildernya akan dibawa ke Indonesia," ujarnya.

Juri yang berpartisipasi juga memberikan tanggapan perihal eksistensi Suryanation Motorland di acara Motor Bike Expo kali ini.

"Senang sekali bisa berpartisipasi sebagai juri di kontes ini. Kami sangat mengapresiasi motor-motor karya builder yang sudah berpartisipasi dengan berbagai detail dan kelebihan masing-masing motor," kata Maria Eliot dari Eliot Iron Magazine.

Rangkaian acara Suryanation Motorland di acara Motor Bike Expo secara keseluruhan mendapatkan respons yang positif karena motor-motor yang dibawa ke acara Motor Bike Expo juga kembali mendapat penghargaan.

Motor Iconic Bike Suryanation Motorland 2018 "Tosan Adji" yang berhasil menjadi 3 besar di penilaian The King of Motor Bike Expo mendapat penghargaan dari Easyriders Magazine sementara Iconic Bike Suryanation Motorland 2017 "Trident" mendapat penghargaan dari Spain Bike Scene sebuah motorcylce movement dari Spanyol yang bekerja sama dengan Eliot Magazine.

"Menjadi kebanggaan sendiri bagi Suryanation Motorland karena bisa ambil bagian dari dunia custom Eropa. Kami berharap kehadiran Suryanation Motorland di sini juga bisa memberikan dampak positif bagi perkembangan dunia custom di Indonesia," tutup Rizky.

(kpl/nzr/crn)

BERI KOMENTAR