HOME » BERITA » #PEJUANGMUATAN: SUKA DUKA JADI AGEN PO SUMBER ALAM, MERINTIS USAHA DARI NOL SAMPAI 'BERDARAH-DARAH'

#PejuangMuatan: Suka Duka Jadi Agen PO Sumber Alam, Merintis Usaha dari Nol Sampai 'Berdarah-darah'

Cerita Ibu Opie, jatuh bangun merintis usaha menjadi agen PO Sumber Alam

Jum'at, 20 Mei 2022 17:30 Editor : Ahmad Muzaki
#PejuangMuatan: Suka Duka Jadi Agen PO Sumber Alam, Merintis Usaha dari Nol Sampai 'Berdarah-darah'
#PejuangMuatan

OTOSIA.COM - Bus saat ini menjadi moda transportasi darat jarak jauh yang banyak dipakai masyarakat. Tak heran jika agen perusahaan otobus (PO) begitu menjamur di setiap daerah.

Seorang wanita paruh baya yang bernama Opie pun menceritakan suka dukanya menjadi agen PO Sumber Alam. Ini ia ceritakan dalam video yang diunggah di channel YouTube Sumber Alam ID dengan tajuk "#ULASAGEN | PERJUANGAN YANG BERBUAH MANIS !! | AGEN BSD PULUHAN TAHUN JADI MITRA SUMBER ALAM !!" yang tayang pada 27 April 2022 lalu.

1 dari 3 Halaman

Ingin Mandiri

Ibu Opie merupakan agen PO Sumber Alam BSD/Parung. Ia mulai merintis usaha ini sejak 2005 lalu dan mampu bertahan hingga sekarang.

Sebelum membuka jasa agen Sumber Alam, Opie sendiri dulunya merupakan pramugari bus. Namun seiring berjalannya waktu ia ingin mandiri dan akhirnya memutuskan menjadi agen bus.

"Awalnya itu di sini masih hutan belantara, jalanannya pun masih batu-batuan, tol belum ada," katanya.

"Suka dukanya pada waktu ngerintis dulu sedih kalau gak ada penumpang. Bener-bener mau nangis karena gak ada penumpang. Sedih aku kalau ingat," katanya sambil menangis.

2 dari 3 Halaman

Berdarah-darah

Namun saat awal memulai usaha ini Opie benar-benar harus bekerja keras. Demi bisa menutupi operasional yang ada, ia harus bekerja dulu di Lebak Bulus.

Setelah usahanya ini berjalan 3 tahun, baru ia memetik hasilnya. Penumpang mulai berdatangan dan banyak yang langganan dengannya.

"Berjalan tiga tahun lah, penumpangnya mulai ada pengenalan. Karena penumpang-penumpang saya dulunya yang di daerah sini langganan saya di Lebak Bulus," katanya.

3 dari 3 Halaman

Cinta Sumber Alam

Banyak faktor yang membuatnya memilih menjadi mitra Sumber Alam. Selain karena memang cinta dengan PO ini, hal lain tentu karena kedekatan emosional.

Sebab keluarganya juga sering menggunakan bus Sumber Alam. Opie pun banyak mengenal orang-orang PO ini, bahkan agen-agen yang ada di daerah.

"Di samping dulu itu memang eksis di zamannya. Orang selatan tahu sendiri, kalau bukan Sumber Alam moh (tidak mau). Pokoknya seneng deh, my love banget Sumber Alam," tutupnya.

BERI KOMENTAR