HOME » BERITA » PEKANBARU JUGA BERLAKUKAN PSBB, PEMOTOR DILARANG MEMBONCENG SELAIN ISTRI ATAU ANAK

Pekanbaru Juga Berlakukan PSBB, Pemotor Dilarang Membonceng Selain Istri atau Anak

PSBB turut diberlakukan di Pekanbaru mulai kemarin, Jumat (17/4)

Sabtu, 18 April 2020 18:15 Editor : Ahmad Muzaki
Pekanbaru Juga Berlakukan PSBB, Pemotor Dilarang Membonceng Selain Istri atau Anak
PSBB Hari Pertama di Pekanbaru. ©2020 Merdeka.com/Abdullah Sani

OTOSIA.COM - Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) juga dilaksanakan di Kota Pekanbaru mulai Jumat (17/4). Atas aturan itu, polisi pun atur lalu lintas sesuai dengan kebijakan PSBB.

"Pengendara sepeda motor tidak boleh berboncengan, kecuali membawa anak atau istrinya," ujar Kasat Lantas Polresta Pekanbaru Kompol Emil Eka Putra.

Lebih lanjut, dilansir dari Liputan6.com, hal itu dilakukan untuk mencegah penyebaran wabah virus Corona (Covid-19). Emil ikut langsung melakukan pemeriksaan kendaraan yang masuk di perbatasan Pekanbaru dengan Kabupaten Kampar.

Selain sepeda motor, kendaraan lain yang ikut diperiksa yakni mobil seperti roda 4, hanya boleh membawa penumpang 50 persen dari kapasitas tempat duduk. Kemudian setiap penumpang juga harus menjaga jarak.

"Jika mobil yang memiliki tempat duduk dua baris, hanya boleh membawa penumpang tiga orang, satu pengemudi dua di belakang," ujar Emil.

1 dari 2 Halaman

Namun untuk mobil dengan tempat duduk tiga baris, hanya boleh membawa empat penumpang, satu pengemudi, dua di tengah dan satu di belakang.

"Dan pengendara serta penumpang wajib menggunakan masker," tegas Emil.

Emil menegaskan, jika didapati pengendara yang tidak menggunakan masker, maka polisi akan menyuruh mereka putar balik untuk mencari masker. Lalu diperbolehkan masuk lagi jika sudah menggunakan masker.

"Hari ini, ada lima pintu masuk yang kita periksa, ini hari pertama," kata Emil.

2 dari 2 Halaman

Penerapan kebijakan PSBB sudah dimulai hari ini hingga 14 hari ke depan. Kebijakan Pemkot Pekanbaru ini dilakukan untuk menekan angka penyebaran Covid-19 di wilayah Pekanbaru dan sekitarnya.

Hari ini jumlah pasien positif Covid-19 di Riau tersebut kembali mengalami peningkatan. Yakni bertambah 2 pasien lagi menjadi 26 pasien positif Corona.

Juru Bicara (Jubir) Penanganan Covid-19 Provinsi Riau, Indra Yovi membenarkannya. "Bertambah 2 pasien jadi 26 orang pasien positif di Riau hingga hari ini," katanya.

BERI KOMENTAR