HOME » BERITA » PEKERJA YANG KELUAR-MASUK DKI JAKARTA WAJIB PUNYA STRP, INI SYARAT DAN CARA BUATNYA

Pekerja yang Keluar-Masuk DKI Jakarta Wajib Punya STRP, Ini Syarat dan Cara Buatnya

Begini syarat dan cara bikin STRP agar pekerja bisa keluar-masuk Jakarta

Senin, 05 Juli 2021 14:15 Editor : Ahmad Muzaki
Pekerja yang Keluar-Masuk DKI Jakarta Wajib Punya STRP, Ini Syarat dan Cara Buatnya
Petugas Dishub melakukan penyekatan di salah satu jalan di Jakarta (Liputan6.com/Angga Yuniar)

OTOSIA.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memberlakukan Surat tanda Registrasi Pekerja (STRP) untuk pekerja yang keluar-masuk DKI Jakarta selama PPKM Darurat. Aturan ini sendiri mulai berlaku Senin, (5/7/2021).

Aturan ini diketahui dari postingan akun Instagram @dkijakarta pada Minggu (4/7/2021).

"Pemprov DKI Jakarta memberlakukan Surat Tanda Registrasi Pekerja (STRP) selama PPKM Darurat, 5-20 Juli 2021," keterangan postingan tersebut.

1 dari 4 Halaman

Selain itu, dalam postingan tersebut juga dijelaskan bahwa STRP hanya berlaku bagi pekerja sektor esensial, kritikal, dan perorangan dengan kebutuhan mendesak, seperti kunjungan sakit atau duka hngga persalinan ibu hamil.

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi bagi pekerja yang hendak membuat STRP. Untuk sektor esensial dan kritikal, baik perjalanan dinas atau rutinitas kantor syaratnya adalah KTP, surat tugas, sertifikat vaksin, dan foto 4x6 berwarna.

2 dari 4 Halaman

Sedangkan perorangan dengan kebutuhan mendesak syaratnya yaitu KTP, sertifikat vaksin, dan foto 4x6 berwarna.

"PENGECUALIAN: Kementerian/Lembaga dan Instansi pemerintah baik pusat maupun daerah (TNI/POLRI, Bank Indonesia, OJK dll)," keterangan dalam postingan.

3 dari 4 Halaman

Cara Bikin STRP

Bagi pekerja yang ingin membuat STRP, caranya adalah pemohon mengakses laman jakevo.jakarta.go.id. Jika sudah, pemohon diharuskan mengisi form, mengupload, lalu disubmit.

Setelah itu, berkas yang dikirim akan diverifikasi oleh UP PMPTSP. Kemudian STRP akan diterbitkan oleh Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP).

4 dari 4 Halaman

Penerbitan STRP maksimal 5 jam sejak persyaratan dinyatakan lengkap. Pemohon kemudian bisa mengunduhnya di laman jakevo.jakarta.go.id.

Ketika petugas di lapangan melakukan pengecekan, pemilik STRP cukup menunjukkan QR Code melalui handphone.

BERI KOMENTAR