HOME » BERITA » PELAT NOMOR KENDARAAN HARUS DILENGKAPI LAMPU, SUDAH TAHU?

Pelat Nomor Kendaraan Harus Dilengkapi Lampu, Sudah Tahu?

Tanda Nomor Kendaraan Bermotor untuk semua kendaraan wajib dilengkapi dengan lampu. Tanda Nomor Kendaraan Bermotor atau pelat nomor juga harus ditempatkan pada bagian belakang dan depan kendaraan bermotor.

Jum'at, 29 Maret 2019 21:30 Editor : Dini Arining Tyas
Pelat nomor wajib diberi lampu (Instagram/dishubdiy)

OTOSIA.COM - Ada banyak hal dari kendaraan yang sebenarnya sudah diatur oleh pihak berwenang. Salah satunya harus seperti apa Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) atau dikenal pelat nomor.

Selain peraturan warna, susunan angka, bahkan font angka dan huruf pada pelat nomor, tata letak pelat nomor juga diatur. Hal itu tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 55 Tahun 2012.

Ada dua aturan soal pelat nomor yang diatur dalam Pasal 58 ayat 10. Menurut pasal tersebut, pelat nomor harusnya ditempatkan pada sisi bagian depan dan belakang Kendaraan Bermotor.

"Dilengkapi lampu tanda nomor Kendaraan Bermotor pada sisi bagian belakang Kendaraan Bermotor," begitu bunyi Pasal 58 ayat 10 huruf b.

Jika sudah diatur begitu, artinya aturan tersebut harus ditaati semua orang. Jadi, sudahkah pelat nomor kendaraan bermotormu dilengkapi lampu?

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR