HOME » BERITA » PEMBALAP LEGENDARIS MARCO MELANDRI PUTUSKAN PENSIUN

Pembalap Legendaris Marco Melandri Putuskan Pensiun

Setelah 21 tahun berkiprah di balap internasional, Marco Melandri memutuskan untuk pensiun.

Jum'at, 12 Juli 2019 14:15 Editor : Cornelius Candra
Pembalap Legendaris Marco Melandri Putuskan Pensiun
Marco Melandri (Asphaltandrubber.com)

OTOSIA.COM - Nama Marco Melandri saat ini memang tak setenar Marc Marquez, Maverick Vinales, atau bahkan Fabio Quartararo. Namun, pembalap bernomor start 33 itu merupakan legenda.

Melakoni debut balap internasional di kelas GP125 bersama Honda pada 1998 dengan usia 15 tahun 24 hari, mengutip dari Motociclismo.it, ia menjadi pembalap termuda sepanjang sejarah kelas tersebut.

Kemenangan pertama pembalap asal Italia ini dicatat pada usia 15 tahun 10 bulan 20 hari kembali menjadi rekor pemenang termuda di GP125. Sayangnya catatan ini dipecahkan oleh Scott Redding 10 tahun kemudian.

Kiprahnya sebagai debutan kala itu cukup apik. Tampil impresif pada berbagai seri, Marco Melandir mengakhiri musim tersebut dengan finish di peringkat ke-3 dan meraih gelar rookie terbaik.

1 dari 2 Halaman

Juara Dunia Pertama Melandri

Pembalap Legendaris Marco Melandri Putuskan PensiunJuara Dunia Pertama Melandri

Tahun 2000 ia naik ke kelas GP250 dan membalap bersama Aprilia. Akhirnya rider yang kini berusia 36 tahun itu meraih gelar juaranya 2 tahun kemudian, pada 2002.

Naik ke MotoGP pada 2003, Melandri kemudian bergabung bersama Fortuna Yamaha. Sayangnya ia kesulitan menjinakkan Yamaha YZR-M1 dan memutuskan pindah ke Honda Gresini.

Bersama pabrikan berlogo sayap itu, pembalap yang akrab disapa Macio tersebut 7 kali naik podium pada 2005 dan meraih 2 kemenangan. Kala itu, ia menjadi runner up di bawah Valentino Rossi.

Sayangnya, saat menjadi tandem Casey Stoner pada 2008 di Ducati, Melandri gagal tampil kompetitif dan harus rela meninggalkan tim tersebut.

 

 

2 dari 2 Halaman

Pindah ke WSBK

Pembalap Legendaris Marco Melandri Putuskan PensiunPindah ke WSBK

Menurunnya daya saing Melandri membuatnya melompat ke ajang WorldSBK pada 2011. Di musim pertamanya bersama Yamaha, ia berhasil menjadi runner up setelah mencatat 15 podium dan 4 kemenangan.

Setelahnya ia juga sempat berlabuh di BMW Motorrad Motorsport. Bersama pabrikan asal Jerman itu, Melandri meraih 11 podium, 6 kemenagan, dan mengakhiri musim 2012 di peringkat 3.

Sempat kembali ke MotoGP sebagai rider pengembang Aprilia, ia memutuskan kembali ke WSBK lantaran proses yang lambat sehingga membuatnya frustasi. Musim ini Melandri menjadi tahun terakhirnya di balap internasional bersama GRT Yamaha.

Saat ini Melandri ada di peringkat 9 klasemen sementara WSBK 2019 dengan 124 poin. Ia akan kembali turun pada 5 seri terakhir yang dimulai pada akhir pekan ini (13/7) di Laguna Seca, Amerika Serikat.

BERI KOMENTAR