HOME » BERITA » PEMBALAP NASCAR LEGENDARIS JUNIOR JOHNSON MENINGGAL PADA USIA 88 TAHUN

Pembalap NASCAR Legendaris Junior Johnson Meninggal pada Usia 88 Tahun

Junior Johnson dijuluki sebagai pahlawan terakhir Amerika atas karir cemerlangnya di dunia balap NASCAR.

Minggu, 22 Desember 2019 19:15 Editor : Dini Arining Tyas
Pembalap NASCAR Legendaris Junior Johnson Meninggal pada Usia 88 Tahun
Junior Johnson (Tenessean.com)

OTOSIA.COM - Para penggemar fanatik balap mobil NASCAR tentu tak asing dengan nama Junior Johnson. Dia adalah pembalap legendaris NASCAR dari Amerika.

Melansir The Drive, terlahir dengan nama Robert Glenn Johnson Jr, pembalap NASCAR legendaris ini meninggal pada usia 88 tahun. Karir balapnya bermula pada tahun 1955.

Pada debut perdananya, JOhnson memenangkan lima balapan. Dia finis di urutan keenam secara keseluruhan. Setahun kemudian, Johnson ditangkap dan dijatuhi hukuman satu tahun penjara karena disebut ilegal.

Setelah bebas, Johnson kembali balapan dan meraih 50 kemenangan secara keseluruhan pada top tier division, dan kemenangan yang tak terhitung jumlahnya pada seri lain.

1 dari 1 Halaman

Pembalap NASCAR Legendaris Junior Johnson Meninggal pada Usia 88 Tahun

Saat itu, Johnson dikenal dengan sikap tak pantang menyerah, disebut do-or-die, yang mana tak ada yang lebih penting dari menang. Gaya mengemudi Johnson bahkan menarik perhatian Tom Wolfe yang menulis artikel tentang Johnos berjudul The Last American Hero is Junior Johnson. Yes! Dari artikel ini lalu lahirlah film yang diingangi oleh Jeff Bridges saat muda.

Johnson lalu pensiun pada tahun 1966 dan menjadi pemilik tim. Sayangnya tim tersebut bubar pada tahun 1996. 

"Dia adalah NASCAR Hall of Famer perdana, karir yang luar biasa baik sebagai pembalap dan pemilik tim," ujar CEO NASCAR, Jim France.

BERI KOMENTAR