HOME » BERITA » PEMBELI ESEMKA BIMA TERNYATA MASIH DARI KALANGAN PEMERINTAHAN

Pembeli Esemka Bima Ternyata Masih dari Kalangan Pemerintahan

Mobil Esemka Bima ternyata belum banyak diminati masyarakat luas, kebanyakan pembelinya berasal dari kalangan pemerintahan.

Selasa, 04 Februari 2020 21:45 Editor : Cornelius Candra
Pembeli Esemka Bima Ternyata Masih dari Kalangan Pemerintahan
Esemka Bima (Liputan6.com)

OTOSIA.COM - Mobil Esemka akhirnya resmi merilis produk pertamanya pada 2019 lalu. Pikap bernama Esemka Bima itu diproduksi dan menggunakan bahan dalam negeri. Meski demikian, Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa Esemka bukanlah mobil nasional.

"Esemka ini hanya perusahaan nasional, jadi bukan mobil nasional. Kita bersyukur bisa merintis mobil karya anak Indonesia. Semoga bisa memberikan manfaat bagi masyarakat Boyolali khususnya dan Indonesia pada umumnya," ujar Jokowi, dalam sambutannya saat meresmikan pabrik Esemka, di Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (6/9/2019).

Setelah lama diperkenalkan ke publik, Esemka Bima akhirnya dilirik konsumen. Namun, memang pembelinya masih dalam kalangan pemerintahan, mulai dari pusat hingga daerah.

1 dari 3 Halaman

Sebelumnya, sebanyak 35 unit Esemka Bima dibeli oleh Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI, Yuyu Sutisna, S.E.

Diketahui membeli puluhan Esemka Bima untuk mendukung kegiatan operasional satuan operasi, khususnya Skadron Udara dan Skadron Teknik, seperti dilansir Liputan6.com dari akun Instragram resmi @militer.udara, Jumat (4/10/2019).

"Sebanyak 35 unit mobil #Esemka Bima akan dibeli oleh Inkopau dan dihibahkan kepada #TNIAU untuk mobilitas Skadron Udara dan Skadron Teknik di sisi udara (air side) hanggar, apron, taxyway, atau runway. Mari senantiasa kita mendukung industri dalam negeri sehingga bisa terus berinovasi dan maju," tulis @militer.udara dalam keterangan foto beberapa waktu lalu.

2 dari 3 Halaman

Kemudian, Esemka Bima ini juga menjadi kendaraan operasional di lingkungan Kementerian Pertahanan Republik Indonesia (RI).

Paling terbaru, seperti melanjutkan langkah Jokowi yang saat itu menjabat sebagai Wali Kota Solo, kini Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, juga memperkenalkan mobil Esemka sebagai kendaraan dinas Pemerintah Kota Semarang.

Pria yang akrab disapa Hendi tersebut, bak melanjutkan tongkat estafet mempopulerkan Esemka di tengah masyarakat Indonesia.

3 dari 3 Halaman

Dan meskipun Pemerintah Kota Semarang baru menggunakan dua unit mobil Esemka tipe Bima untuk keperluan dinasnya, namun hal tersebut mampu meyakinkan masyarakat jika Esemka saat ini sudah dapat mengaspal di jalanan kota. Adapun upaya memperkenalkan kembali Esemka itu sendiri secara tersirat disampaikan oleh Hendi.

"Ini untuk menambahkan minat masyarakat kepada karya anak bangsa yang kualitasnya hebat ini. Apalagi yang ada saat ini sudah dimodifikasi dengan dilengkapi power steering, dan bisa menggunakan bahan bakar gas yang dikombinasi dengan Pertalite, karena sudah dipasangi converter," ujar Wali Kota Semarang tersebut.

"Esemka Bima 1.3 Ini mobil niaga yang keren, tarikannya juga oke karena 1.300 cc. Pokoknya asik nggak kalah sama mobil Jepang, tinggal bagaimana menumbuhkan minat warga," pungkasnya.

Sumber: Liputan6.com

BERI KOMENTAR