HOME » BERITA » PEMBUAT SIM WAJIB LOLOS TES PSIKOLOGI, BERLAKU 24 FEBRUARI 2020

Pembuat SIM Wajib Lolos Tes Psikologi, Berlaku 24 Februari 2020

Polres Sukoharjo juga akan segera memberlakukan aturan baru untuk pengurusan SIM, baik baru maupun perpanjangan.

Rabu, 12 Februari 2020 22:15 Editor : Dini Arining Tyas
Pembuat SIM Wajib Lolos Tes Psikologi, Berlaku 24 Februari 2020
Smart SIM (NTMC Polri)

OTOSIA.COM - Polres Sukoharjo, Jawa Tengah, akan menerapkan aturan tentang pengurusan Surat Izin Mengemudi (SIM). Para pemohon SIM diwajibkan untuk lolos tes psikologi.

Seperti diumumkan melalui laman Instagram @satpas_sukoharjo, aturan tersebut akan mulai diterapkan pada 24 Februari 2020. Sejatinya, aturan ini sudah diterapkan dalam Undang-Undang Nomoe 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Tes psikologi juga akan diterapkan untuk semua jenis SIM. Hal itu dilakukan untuk mengurangi tingkat kecelakaan. Pasalnya, beberapa kecelakaan terjadi karena ada gangguan aspek psikologis dari pengemudi.

1 dari 1 Halaman

Pembuat SIM Wajib Lolos Tes Psikologi, Berlaku 24 Februari 2020

"Tertib berlalu lintas adalah budaya warga sukoharjo. Kami menginformasikan kepada masyarakat sukoharjo dan seluruh masyarakat Indonesia bahwa permohonan SIM BARU/PERPANJANGAN SEMUA GOLONGAN SIM. Mengikuti TES PSIKOLOGI," tulis akun Instagram tersebut.

Sebelumnya aturan ini juga sudah diterapkan di wilayah hukum lain. Direktorat Lalu Lintas Polda Nusa Tenggara Barat sudah lebih dulu menerapkan aturan tersebut.

Sumber: Liputan6.com

BERI KOMENTAR