HOME » BERITA » PEMERINTAH TAK AKAN BERI PROTEKSI UNTUK GESITS, JOKOWI: ITU TIDAK MENDIDIK

Pemerintah Tak Akan Beri Proteksi untuk Gesits, Jokowi: Itu Tidak Mendidik

Kamis, 08 November 2018 21:15 Editor : Dini Arining Tyas
Presiden RI Joko Widodo saat mencoba sepeda motor listrik Gesits (Liputan6.com)

OTOSIA.COM - Motor listrik Gesits memang hingga kini belum memiliki jadwal resmi kapan akan diluncurkan. Tapi soal pengujian, motor ini sudah siap.

Bahkan Presiden RI Joko Widodo juga ikut mengujinya, di Istana Merdeka Jakarta Pusat, Rabu (17/11/2018). Setelah mencobanya, Jokowi pun menunjukkan ketertarikannya untuk segera memiliki motor listrik karya anak bangsa.

"Jika sudah diproduksi, saya pembeli pertama, saya akan pesan 100 unit," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, seperti dikutip dari News Liputan6.com.

Meski dirinya tertarik, mantan Walikota Solo ini menegaskan bahwa Gesits tidak akan mendapatkan proteksi dari pemerintah. Sebab, proteksi terhadap motor yang kabarnya akan dibanderol Rp 20 jutaan itu, merupakan langkah yang tidak mendidik.

"Tidak ada proteksi, itu tidak mendidik. Sebuah produk apa pun kalau harga kompetitif dibanding produk lain pasti akan diterima pasar," tegas Jokowi.

Saat mencoba motor listrik ini, Jokowi benar-benar menungganginya sendiri dengan jarak 200 meter lebih.

"Saya tadi coba, tapi tidak ada suaranya. Saya sukanya yang ngreng... ngreng... ngreng...," kata Jokowi usai mencoba sepeda motor listrik berwarna merah tersebut.

Dia mengungkapkan, sepeda motor listrik yang 100 persen buatan anak bangsa ini sudah melewati uji coba. "Ini bagus... ini bagus," kata Jokowi setelah turun dari motor.

Sebelumnya, Jokowi didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Menristekdikti M Nasir menerima audiensi pihak-pihak yang terlibat dalam produksi sepeda motor listrik Gesits.

Pertemuan tersebut membahas soal persiapan produksi massal sepeda motor listrik hasil kolaborasi Institut Sepuluh Nopember (ITS) dengan PT Gesits Technologies Indo (GTI). Menristekdikti, M Nasir juga mengatakan bahwa motor listrik buatan Indonesia akan diproduksi massal pada November 2018.

Sumber: Liputan6.com

 (kpl/tys)

BERI KOMENTAR