HOME » BERITA » PEMERINTAH TARGETKAN DISTRIBUSI BBM SATU HARGA DI 73 TITIK

Pemerintah Targetkan Distribusi BBM Satu Harga di 73 Titik

Senin, 19 Februari 2018 21:30 Editor : Fitradian Dhimas
Foto Ilustrasi: Nazar Ray

OTOSIA.COM - Kepala Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas (BPH Migas) Fanshurullah Asa mengatakan pemerintah menaikkan jumlah target distribusi bahan bakar minyak (BBM) satu harga di 2018 menjadi 73 titik dari yang sebelumnya sebanyak 54 titik. Hal ini untuk mempercepat penyaluran BBM kepada masyarakat.

"Kita optimis setelah kita mapping, kita ingin mewujudkan keadilan bagi masyarakat lebih awal. Jadi yang ada di 2018 kita tambahkan, dari 54 menjadi 73," kata Fanshurullah usai bertemu Ketua MPR, di Senayan, Jakarta, Senin (19/2).

Dia menjelaskan, dari 73 titik tersebut 67 titik akan dibangun oleh PT Pertamina (Persero), sedangkan 6 titik lainnya akan disiapkan oleh PT AKR. "Jadi untuk kita, ada tiga keadilan. Keadilan Harga, keadilan distribusi, dan keadilan ketersediaan. 67 punya Pertamina dan 6 itu punya AKR," imbuh Fanshurullah.

Dalam waktu dekat, lanjutnya, akan ada satu SPBU penyalur BBM satu harga yang akan diresmikan, yaitu di Nunukan, Kalimantan Utara. "Sudah ada satu yang siap diresmikan. Di Nunukan. Sudah kita koordinasikan dengan Pak Menteri (Menteri ESDM Ignasius Jonan)," tandas Fanshurullah kepada Merdeka.com.

Sebelumnya, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan menargetkan distribusi BBM satu harga di tahun 2018 bisa mencapai 54 titik, angka ini menurun dari realisasi tahun 2017 sebesar 57 titik. Dia meminta agar BPH Migas sebagai pengawal eksekusi program BBM satu harga ini dapat melanjutkan kerja apik yang sudah dilaksanakan pada tahun 2017.

Dengan adanya pengawasan yang baik dari Pemerintah, melalui BPH Migas, Jonan mengharapkan target program BBM satu harga dapat tercapai. "Kita harapkan sekitar 150 titik (Program BBM Satu Harga) di 150 Kecamatan bisa selesai Desember 2019," ungkapnya di Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (8/1).

(kpl/fdk)

BERI KOMENTAR