HOME » BERITA » PEMILIK MOBIL DIESEL WAJIB LAKUKAN 5 RITUAL INI

Pemilik Mobil Diesel Wajib Lakukan 5 Ritual Ini

Mobil diesel sampai saat ini masih menjadi pilihan banyak orang lantaran torsinya yang berlebih.

Sabtu, 24 November 2018 20:45 Editor : Cornelius Candra
Mesin diesel Jaguar (carfromjapan.com)

OTOSIA.COM - Mobil dengan mesin diesel saat ini masih banyak diburu oleh masyarakat. Pasalnya, mobil diesel menawarkan torsi yang melimpah.

Nah, agar mesin diesel tetap bekerja secara optimal, inilah lima cara untuk menjaga performa mesin diesel, dilansir dari chevrolet.co.id dalam Liputan6.com.

1. Panaskan Mesin Terlebih Dahulu

Sebelum beraktivitas, nyalakan mesin selama lima menit untuk memberikan kesempatan pada oli melumasi bagian mesin dan turbocharger. Pelumas mesin membantu sistem kerja komponen mesin mobil tetap halus meski saling bergesekan. Dengan demikian, umur mesin pun dipastikan akan semakin lama.

2. Gunakan Oli yang Direkomendasikan

Setiap mesin memiliki karakternya masing-masing, gunakan pelumas yang direkomendasikan sesuai dengan pabrikan mobil untuk menjaga kebugaran mobil kesayangan.

3. Gunakan Bahan Bakar yang Tepat

Bahan bakar ibaratnya adalah nutrisi yang diterima oleh mesin mobil diesel. Gunakan bahan bakar yang direkomendasikan dengan kandungan sulfur di bawah 300 ppm (misalnya Pertamina Dex). Bahan bakar yang tepat akan menghasilkan gas buang rendah emisi.

4. Bersihkan Injector Secara Rutin

Mobil diesel modern biasanya sudah dilengkapi teknologi Injector Common-Rail. Fitur ini akan menjaga mobil selalu hemat bahan bakar dan mampu meningkatkan kekuatan mesin. Perawatan dan pembersihan injector secara rutin akan membuat mesin lebih tahan lama tanpa perlu takut mengeluarkan biaya mahal. Pastikan hanya membersihkan injector di bengkel resmi.

5. Rawat Mobil Secara Berkala

Satu hal yang tak boleh dilupakan adalah melakukan perawatan secara rutin. Hal ini harus dilakukan supaya mesin diesel selalu dalam performa terbaiknya. Selain itu, konsultasikan dengan mekanik yang ahli untuk mengenai waktu perawatan khusus.

Sumber: Liputan6.com

(kpl/crn)

BERI KOMENTAR