HOME » BERITA » PEMUDIK BISA LEWAT JALUR TIKUS, TAPI TAK AKAN LOLOS DARI PENYEKATAN

Pemudik Bisa Lewat Jalur Tikus, Tapi Tak Akan Lolos dari Penyekatan

Penyekatan yang dilakukan oleh kepolisian memang tak sampai di jalan-jalan tikus, tapi para pemudik tak bisa begitu saja tiba di tempat tujuan dengan mudah.

Rabu, 29 April 2020 20:45 Editor : Dini Arining Tyas
Pemudik Bisa Lewat Jalur Tikus, Tapi Tak Akan Lolos dari Penyekatan
Polisi menghalau kendaraan berpenumpang di tol Jakarta-Cikampek untuk keluar ke Gerbang tol Cikarang Barat, Kab. Bekasi, Jumat (24/4/2020). (Liputan6.com)

OTOSIA.COM - Polisi memang tak bisa menyekat semua jalan. Hanya jalan-jalan utama saja yang disekat selama aturan larangan mudik Lebaran 2020 di tengah pandemi virus Corona (COVID-19).

Meski begitu, bukan berarti para pemudik yang menggunakan jalur alternatif alias jalan tikus bisa lolos begitu saja. Dilansir dari Liputan6.com, Kabag Ops Korlantas Polri, Kombes Benyamin mengatakan, di luar jalur Jabodetabek pun polisi melakukan penyekatan jalur.

"Karena setelah dia keluar dari jalur tikus dan masuk lagi di kabupaten-kabupaten berikutnya, setiap kabupaten ada penyekatan," ungkapnya.

1 dari 2 Halaman

Sedangkan menurut Benyamin, penyekatan di tingkat Polres tak hanya dilakukan di jalur utama. Dia mencontohkan seorang pemudik yang lolos dari Jakarta melalui jalur tikus, namun di Cirebon terjaring penyekatan yang ada di sana.

"Sampai Cirebon dia melalui jalur besar, dia dikembalikan juga sama petugas. Yang lewat jalan tol lolos di penyekatan Cikarang Barat nanti di Pejagan ada lagi. Ada beberapa penyekatan banyak sekali," paparnya.

2 dari 2 Halaman

Benyamin meminta masyarakat agar tidak mudik. Sebab, meskipun melalui jalur tikus, namun jika menjumpai penyekatan mereka akan dikembalikan. Hal itu merugikan calon pemudik karena mesti mengeluarkan tenaga dan uang namun tidak bisa mudik.

"Kasihanlah kalau sampai terus memaksakan (mudik) kan rugi juga ya, rugi waktu, rugi BBM, rugi psikis karena ia mesti kucing-kucing dengan petugas ya," tandas Benyamin.

BERI KOMENTAR