HOME » BERITA » PEMUDIK TAHUN INI TIDAK DISARANKAN MENGGUNAKAN MOTOR MATIK

Pemudik Tahun Ini Tidak Disarankan Menggunakan Motor Matik

Minggu, 21 Juni 2015 18:30

Pemudik Tahun Ini Tidak Disarankan Menggunakan Motor Matik
Ilustrasi Mudik by Simomot
Editor : Nurrohman Sidiq

Otosia.com - Agenda mudik lebaran tentu masih menjadi prioritas tersendiri bagi para umat muslim di Indonesia. Bukan hanya mudik dengan mobil, salah satu cara mudik yang kini semakin digemari adalah dengan sepeda motor.

Guna mengantisipasi adanya lonjakan pengguna sepeda motor sekaligus mencegah terjadinya kecelakaan, pemudik bersepeda motor dihimbau untuk tidak menggunakan jenis matik karena faktor ban kecil dan safety yang kurang bagus. Apalagi jika digunakan untuk perjalanan jarak jauh.

"Pemudik bersepeda motor sekarang banyak yang menggunakan sepeda motor matik yang mempunyai ukuran ban lebih kecil dari sepeda motor biasa," ujar Agus Sriyono selaku Kepala Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dinhubkominfo) kabupaten Banyumas di Purwokerto, Jawa Tengah, seperti dilansir Antara (20/06).

Menurut Agus, ban berukuran kecil sangat berbahaya jika digunakan untuk perjalanan jauh karena tidak stabil dalam meredam guncangan pada kontur jalan berlubang.

Berdasarkan pantauan di lapangan, ia menambahkan bahwa kecepatan motor matik relatif tinggi pada angka rata-rata 70 km/jam sehingga rentan membuat motor terpelanting saat berusaha menghindari lubang, meskipun hanya lubang kecil.

Selain itu, ia juga menekankan untuk mewaspadai motor matik karena sistem pengeremannya tidak spontan dengan bandingan mesin berkapasitas besar di atas 100cc.

"Ini menjadi suatu permasalahan kenapa pemudik sering terlibat kecelakaan. Ini mungkin karena mereka tidak tahu kondisi lingkungan sekitarnya atau daerah-daerah yang dilalui sehingga mereka bisa terlibat kecelakaan," katanya.

Oleh sebab itu, Agus sangat menghimbau para pemudik sepeda mtoor untuk tidak memakai jenis matik karena timbangan bahanyanya lebih berat dibandingkan sepeda motor biasa yang sama-sama menggunakan ban berukuran kecil.

(kpl/sdi)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-5-5
detail

BERITA POPULER