HOME » BERITA » PENERAPAN GANJIL GENAP BUAT MOTOR, SEPERTI APA EFEKNYA?

Penerapan Ganjil Genap Buat Motor, Seperti Apa Efeknya?

Apa jadinya jika pengaturan ganjil genap juga diberlakukan untuk sepeda motor di sejumlah ruas jalan utama?

Kamis, 19 Juli 2018 11:15 Editor : Cornelius Candra
Ilustrasi: Nazar Ray

OTOSIA.COM - Sistem pengaturan ganjil genap untuk mobil berlaku di sejumlah ruas jalan utama. Wacana ini sempat mencuat beberapa waktu lalu, dan menimbulkan pro dan kontra. Tujuannya untuk mengurangi kepadatan arus lalu lintas, di samping juga akan secara khusus berlaku saat Asian Games.

Pemberlakuan ini di satu sisi membuat para pengguna sepeda motor menjadi spesial. Kendaraan roda dua yang masih dianggap paling efektif untuk bermobilitas ini bisa lebih leluasa dalam bergerak.

"Karena mobil banyak, motor jadi ikut macet. Karena ganjil genap, kan motornya aman," kata Sutarya, Direktur Penjualan Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Namun apa jadinya jika pengaturan ganjil genap juga diberlakukan untuk sepeda motor di sejumlah ruas jalan utama?

Kembali pada peran sepeda motor sebagai kendaraan efektif yang banyak dipilih orang. Maka efeknya pun akan mengarah ke industri roda dua ini.

"(Kalau ganjil genap berlaku untuk sepeda motor) ya sebaiknya jangan. Pemerintah menginginkan industri terus bertumbuh. Kalau ingin industri bertumbuh, ya jangan membuat aturan yang menghambat. (Aturannya) harus nyaman buat semuanya," kata dia.

(kpl/nzr/crn)

BERI KOMENTAR