HOME » BERITA » PENGALAMAN BERKENDARA BERSAMA HONDA FORZA, SEPADAN DENGAN HARGANYA?

Pengalaman Berkendara Bersama Honda Forza, Sepadan dengan Harganya?

Minggu, 24 Maret 2019 15:15 Editor : Cornelius Candra
Honda Forza (Otosia.com/ Cornelius Candra)

OTOSIA.COM - Setelah resmi dirilis PT Astra Honda Motor (AHM) dalam gelaran GIIAS 2018, akhirnya tim Otosia.com berkesempatan menjajal Honda Forza. Skutik pesaing Yamaha Xmax ini adalah milik Gboo Matic and Friends.

Tak sedikit orang yang bertanya-tanya, sepadankah pengalaman dan kenyamanan berkendara dengan biaya sebesar Rp78 juta untuk membeli Honda Forza?

Berdasarkan pengujian sejauh kurang lebih 200 km melalui jalur perbukitan, tim Otosia merasakan kenyamanan seperti yang ditawarkan. Wajar saja, Honda Forza terlahir sebagai maxi skuter dengan dimensinya yang besar.

Menariknya, dimensi Honda Forza yang terbilang besar ini tidak merepotkan saat melibas kemacetan di perkotaan. Hanya saja, harus ada sedikit penyesuaian dengan spion yang terletak di bodi depan.

Windshield Honda Forza yang ketinggiannya dapat diatur melalui tombol di handlebar sangat membantu. Ketika turun hujan dan merasa pandangan terganggu, cukup tekan tombol untuk menurunkan windshield.

Sepasang intrumen panel analog dan MID digital Honda Forza juga mampu memberikan informasi secara menyeluruh, mulai dari kecepatan, suhu udara, jam, hingga putaran mesin. Menariknya, panel ini menyajikan perkiraan jarak yang bisa ditempuh dengan kapasitas bahan bakar yang tersedia.

Kenikmatan berkendara Honda Forza juga didukung oleh posisi kaki yang bisa diluruskan ke depan. Selain itu, terdapat bagasi luas di bawah jok yang mampu memuat 2 helm dan power-outlet di dek kiri.

Kenyamanan tak hanya dirasakan oleh pengemudi. Penumpang yang duduk di jok belakang juga bisa merasakan hal serupa. Hanya saja, posisinya terbilang cukup tinggi sehingga butuh sedikit penyesuaian saat akan naik.

Ban 120/70-15 di depan dan belakang 140/70-14 juga berfungsi dengan baik. Alhasil, Honda Forza tetap stabil saat harus melewati jalur berkelok di perbukitan. Selain itu, terpasang teknnologi ABS yang membuat remnya dapat bekerja dengan optimal.

Mesin 1-silinder 249 cc bertenaga 23,2 hp dengan torsi 24 Nm Honda Forza terbilang cukup untuk melibas tanjakan dan tikungan. Dapur pacu ini juga didukung teknologi Honda Selectable Torque Control sehingga ban tidak mudah slip saat melintasi jalanan yang licin.

Meski demikian, bukan berarti Honda Forza adalah motor yang sempurnya. Sepasang lampu dekat LED skutik gambot ini terbilang kurang terang. Namun, hal itu terbantu dengan adanya lampu jauh yang justru lebih terang.

Selain itu, karena windshield Honda Forza dapat disesuaikan secara elektrik justru membuatnya agar bergetar ketika melewati jalan rusak dan di putara mesin rendah. Tak terpasang pula lampu di jok seperti pesaingnya.

Namun, segala kekurangan itu tertutup dengan berbagai fitur lainnya, serta desainnya yang elegan dan cenderung menjadi pusat perhatian. Belum lagi kenyamanannya saat digunakan diajak melakukan perjalanan jauh.

Jadi, sepadankah Rp78 juta dengan pengalaman berkendara yang diberikan Honda Forza? Semua itu kami kembalikan ke Otolovers. Tapi yang jelas, Honda Forza bisa menjadi pilihan untuk kendaraan harian dan touring yang prestisius.

 

(kpl/crn)

BERI KOMENTAR