HOME » BERITA » PENGEMBANGAN SUPERBIKE YAMAHA, PERBANYAK TEKNOLOGI MOTOGP

Pengembangan Superbike Yamaha, Perbanyak Teknologi MotoGP

Superbike Yamaha R1 dirumorkan akan mendapat penyegaran pada tahun depan dan dibekali segudang teknologi dari MotoGP.

Selasa, 02 April 2019 15:15 Editor : Cornelius Candra
Yamaha R1 (Yamaha UK)

OTOSIA.COM - Seiring diterapkannya regulasi emisi gas buang Euro-5 di Eropa dan beberapa negara pada tahun 2021 mendatang, beredar rumor bahwa Yamaha R1 akan menfapat pembaharuan di sisi dapur pacu serta segenap teknologinya.

Mengutip dari Morebikes.co.uk, kabarnya superbike ini akan tetap mengandalkan mesin 4-silinder inline crossplane 1.000 cc, namun dilengkapi dengan pengaturan dapur pacu elektrnik dari Yamaha YZR-M1 yang ditunggangi oleh Valentino Rossi dan Maverick Vinales di ajang MotoGP.

Beberapa fitur pendukungnya pun tak luput dari penyempurnaan, seperti electronic traction control dan wheelie control. Hal ini tak terlepas untuk mempercepat akselerasinya. Rumor lainnya ialah penggunaan sistem VVT layaknya Suzuki GSX-R1000 dan BMW S1000RR.

Selain itu, Yamaha R1 kabarnya juga akan menjadi satu-satunya superbike produksi massal yang menggunakan seamless gearbox. Komponen ini mampu mempercepat perpindahan gear tanpa mengurangi tenaga mesinnya.

Desainnya pun tentu akan mengalami ubahan. Isunya, Yamaha R1 nantinya memiliki aerofairing dan winglet pada versi road-legal. Sebelumnya, komponen tersebut telah digunakan pada Ducati Panigale V4R dan Aprilia RSV4 1100 Factory.

Diperkirakan Yamaha R1 terbaru akan melakoni debutnya pada tahun 2020 mendatang sebelum akhirnya masuk ke pasar otomotif global setahun berikutnya. Dengan segudang fitur baru, kemungkinan akan ada peningkatan harga yang cukup signifikan.

(kpl/crn)

BERI KOMENTAR