HOME » BERITA » PENGEMUDI KETAHUAN MAKAN SAMBIL MAIN HANDPHONE SAAT BERKENDARA, TERANCAM DENDA RP10 JUTA

Pengemudi Ketahuan Makan Sambil Main Handphone saat Berkendara, Terancam Denda Rp10 Juta

Seorang pengemudi mobil di Queensland, Australia, kedapatan makan sembari mengemudi. Dia juga tertangkap kamera bermain handphone. Nyaris saja dia harus membayar denda sekitar Rp 10 juta.

Selasa, 12 Januari 2021 15:15 Editor : Dini Arining Tyas
Pengemudi Ketahuan Makan Sambil Main Handphone saat Berkendara, Terancam Denda Rp10 Juta
Pengemudi makan sambil bermain handphone (caradvice.com.au)

OTOSIA.COM - Denda pelanggaran lalu lintas di luar negeri memang tak main-main. Di Queensland, Australia, pelanggar aturan lalu lintas bahkan bisa didenda hingga puluhan juta.

Seperti yang baru-baru ini terjadi. Dilaporkan Car Advice, seorang pengemudi mobil terdeteksi sedang makan dan bermain handphone di balik kemudi mobilnya. Hal itu diketahui dari kamera pendeteksi handphone polisi yang sedang diuji coba di Queensland.

Dalam foto yang dipublikasikan oleh otoritas Queensland akhir tahun lalu itu menunjukkan pengemudi mobl sedang makan sereal. Sedangkan satu tangan lainnya memegang handphone saat mobil masih bergerak.

1 dari 1 Halaman

Dia tampak berusaha menyeimbangkan mangkuk sereal saat mengemudi. Pengemudi itu terancam denda AUD 1.000 atau Rp 10 jutaan (Kurs AUD 1 = Rp 10.866).

Tapi beruntung bagi pengemudi tersebut, karena sistem kamera pendeteksi ini masih diuji coba, sehingga dia terbebas dari denda itu. Gambar itu sudah dipublikasikan akhir tahun lalu, tapi baru saja mendapatkan perhatian publik.

"Kami sedang menguji coba kamera pendeteksi ponsel dan sabuk pengaman baru kami di seluruh negara bagian hingga akhir tahun. Kamera itu akan mendeteksi penggunaan ponsel dan siapa pun yang tidak memakai sabuk pengaman. Tidak ada denda yang dikeluarkan selama persidangan, namun perlu diingat bahwa (polisi) masih kaan menegakkan hukum menggunakan metode tradisional," tulis Departemen Transportasi Queensland di laman Facebook-nya.

BERI KOMENTAR