HOME » BERITA » PENGEMUDI MOBIL TOYOTA BAKAL BISA TERDETEKSI JIKA MENGALAMI SERANGAN JANTUNG

Pengemudi Mobil Toyota Bakal Bisa Terdeteksi Jika Mengalami Serangan Jantung

Toyota sedang mengembangkan teknologi yang bisa mendeteksi detak jantung pengemudi untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan akibat serangan jantung.

Sabtu, 03 Oktober 2020 10:15 Editor : Dini Arining Tyas
Pengemudi Mobil Toyota Bakal Bisa Terdeteksi Jika Mengalami Serangan Jantung
Toyota kembangkan teknologi deteksi detak jantung (Toyota via Autoindustriya)

OTOSIA.COM - Serangan jantung bisa terjadi kapan saja. Jika seseorang tersebut sedang bersama dengan seseorang, mungkin bisa tertolong.

Tapi kabar buruknya ketika seseorang itu sedang sendirian atau bahkan sedang mengemudikan mobil. Jika itu terjadi, akan sangat berbahaya.

Toyota kini berusaha untuk mengembangkan sistem untuk bisa mendeteksi pengemudi yang tiba-tiba mengalami serangan jantung. Dilansir dari Autoindustriya, sistem itu kini masih dalam tahap pengembangan untuk melindungi pengemudi dari potensi kecelakaan fatal.

1 dari 2 Halaman

Ilmuwan utama di Toyota Collaborative Safety Research Center, Pujitha Gunaratne mengatakan 3 tahun terakhir pihaknya sedang mengembangkan algoritma yang bisa mendeteksi dan memprediksi detak jantung yang berpotensi mengancam jiwa, bahkan mungkin bisa menyerang pengemudi saat sedang mengendarai mobil.

Nantinya, sistem berupa sensor jantung itu akan terpasang di mobil yang bisa mendeteksi anomali detak jantung. Begitu terdeteksi, kendaraan bisa memberikan peringatan terhadap pengemudi.

2 dari 2 Halaman

Jika pengemudi tidak merespon peringatan mobil, maka mobil bisa otomatis menepi, mesin kemudian mati, dan bahkan memanggil pihak berwenang untuk meminta bantuan.

Toyota bekerja sama dengan Universitas Michigan untuk mengembangkan teknologi ii. Pengembangan kini sudah berada di tahap terakhir. Mereka akan mulai mengumpulkan data dari pengemudi melalui perangkat non-wearable, terasuk pemasangan sensor di berbagai bagian kendaraan yang bisa merespons sentuhan atau bahkan tanpa kontak.

BERI KOMENTAR