HOME » BERITA » PENGENDARA WAJIB TAHU TENTANG 5 FAKTA BAN

Pengendara Wajib Tahu Tentang 5 Fakta Ban

Rabu, 18 April 2018 16:15 Editor : Dini Arining Tyas
Foto by Liputan6.com

OTOSIA.COM - Bayangkan jika kendaraanmu tanpa ban, aneh bukan? Ban memiliki fungsi untuk meredam getaran, menjaga kestabilan, dan meningkatkan fleksibilitas berkendara.

Pemilihan penggunaan ban, wajib untuk disesuaikan dengan kebutuhan kendaraan. Otolovers sebaiknya memahami kode yang terdapat pada dinding ban atau sidewall untuk mengetahui spesifikasinya.

Dirangkum Liputan6.com dari pressroomtoyotaastra.com, berikut lima fakta menarik tentang dinding ban.

1. Sesuaikan ban dengan jenis kendaraan

Untuk memilih ban yang tepat sebaiknya disesuaikan berdasarkan jenis kendaraan. Hal tersebut, bakal berpengaruh terhadap kapasitas maksimal beban serta batas kecepatan kendaraan.

Untuk mobil penumpang, sebaiknya pilih ban dengan kode P yang berarti Passenger. Kode tersebut umumnya terdapat di sebelah ukuran spesifikasi ban, sebagai contoh P 215/45/17.

2. Spesifikasi pelek

Dalam memilih ban, sebaiknya menyesuaikan dengan spesifikasi pelek yakni diameter, lebar, sera tinggi ban. Spesifikasi tersebut, terdapat pada dinding ban dengan konfigurasi kode lebar, tinggi, dan diameter dengan ukuran lebar dan tinggi melalui milimeter dan diameter melalui inchi.

Spesifikasi ban mengikuti ukuran standar yang telah direkomendasikan oleh produsen kendaraan, misalnya seperti pada Toyota Corola Altis dengan ukuran ban 215/45/17 atau dibaca dengan lebar 215 mm, tinggi 45 mm, dan diameter 17 inchi.

3. Maksimal beban

Ban berfungsi sebagai peredam, serta menjaga kestabilan antara kendaraan dan kontur jalan melalui tekanan angin yang berada pada lambung ban. Untuk itu, konsumen sebaiknya memahami kapasitas beban angkut yang ditunjukkan pada sidewall tepat disebelah diameter ban.

Beban maksimal kendaraan penumpang ideal berada di 265 kilogram sampai 800 kilogram, sesuai jenis kendaraan dengan kode antara 62 sampai 10.

4. Batas kecepatan

Seperti halnya maksimal beban, ban juga memiliki batas maksimal kecepatan. Hal tersebut berpengaruh pada daya cengkram ban, rigiditas, serta daya redam panas ban terhadap aspal.

Batas kecepatan tersebut ditandai dengan kode huruf yang terdapat ada sebelah maksimal beban sebagai berikut :

- L 120 km/h

- M 130 km/h

- N 140 km/h

- P 150 km/h

- Q 160 km/h

- R 170 km/h

- S 180 km/h

- T 190 km/h

- u 200 km/h

- V 240 km/h

5. Kode manufaktur

Kode manufaktur merupakan hal penting untuk diperhatikan dalam memilih ban yang tepat. Hal tersebut berpengaruh terhadap kualitas, elastisitas, serta fungsi ban.

Sebaiknya memilih ban dengan produksi terbaru. Untuk mengetahui manufaktur dari ban, terdapat kode yang ada pada dinding ban dengan konfigurasi minggu dan tahun pembuatan. Contohnya, 4017 dibaca dengan minggu ke-40 pada 2017.

Sumber: Liputan6.com

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR