HOME » BERITA » PENGENDARA YANG LAWAN ARAH AKAN DIPENJARA 6 BULAN

Pengendara yang Lawan Arah Akan Dipenjara 6 Bulan

Lawan arus seperti sudah biasa dilakukan oleh sebagian orang. Pengendara yang melawan arus tidak hanya di daerah pinggiran saja, tetapi juga kota-kota besar. Padahal hal ini cukup membuat jengkel pengguna jalan lain.

Jum'at, 01 Februari 2019 22:15 Editor : Ahmad Muzaki
Ilustrasi lalu lintas (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

OTOSIA.COM - Lawan arah seperti sudah biasa dilakukan oleh sebagian orang. Pengendara yang melawan arah tidak hanya di daerah pinggiran saja, tetapi juga kota-kota besar. Padahal hal ini cukup membuat jengkel pengguna jalan lain.

Selain itu, berkendara dengan melawan arah itu sangatlah berbahaya, baik bagi diri sendiri atau orang lain. Berikut, bahaya pengendara melawan arah, seperti yang tertulis di laman resmi Suzuki Indonesia:

1. Rawan Kecelakaan Lalu Lintas

Bahaya pertama dan pasti mengintai adalah rawan terjadinya kecelakaan lalu lintas. Tentunya hal ini sangat membahayakan baik bagi diri sendiri maupun orang lain sesama pengguna jalan.

Melawan arah tentunya akan beresiko terjadinya benturan sesama pengendara. Salah-salah nyawa menjadi taruhannya. Jelas melawan arus adalah sesuatu hal yang fatal.

2. Menjadi Tersangka dan Disalahkan

Selanjutnya bahaya lainnya adalah Anda yang berkendara dengan melawan arah tentunya menjadi tersangka utama dan menjadi orang satu-satunya sebagai yang disalahkan.

Meski tidak menutup kemungkinan, yang menabrak misalnya bukan Anda tapi yang lain, tetap saja Anda menjadi salah karena melawan arah.

3. Terancam Pidana dan Kurungan Penjara

Nah jika sudah terjadi kecelakaan yang melibatkan pengendara motor yang lawan arus dan menyebabkan adanya korban jiwa, maka pengendara yang melawan arah bisa dipidanakan.

Bagi pengendara yang melawan arah akan dikenai kurungan penjara maksimal enam bulan. Hal ini tertuang di pasal 310 UU Lalu Lintas.

Sumber: Liputan6.com

(kpl/ahm)

BERI KOMENTAR