HOME » BERITA » PENGGERAK FRONT ENGINE-FRONT WHEEL DRIVE, APA SIH MAKSUD DAN KEUNGGULANNYA?

Penggerak Front Engine-Front Wheel Drive, Apa sih Maksud dan Keunggulannya?

Sejauh ini terdapat lima konfigurasi sistem penggerak mobil, nah salah satunya Front Engine-Front Wheel Drive.

Selasa, 06 April 2021 09:15 Editor : Nurrohman Sidiq
Penggerak Front Engine-Front Wheel Drive, Apa sih Maksud dan Keunggulannya?
Ilustrasi Daihatsu (Nazar Ray)

OTOSIA.COM - Mobil yang dipasarkan saat ini memiliki beberapa tipe penggerak. Fungsi penggerak ini bertujuan untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke roda, sekaligus menentukan performa mobil, baik dari sisi kenyamanan, kestabilan dan efisiensi.

Sejauh ini terdapat lima konfigurasi sistem penggerak mobil, antara lain FF (Front Engine-Front Wheel Drive); FR (Front Engine-Rear Wheel Drive); MR (Mid Engine-Rear Wheel Drive); RR (Rear Engine-Rear Wheel Drive); dan 4WD/AWD (Four Wheel Drive/All-Wheel Drive).

1 dari 2 Halaman

Untuk FF (Front Engine-Front Wheel Drive), mesin berada di bagian depan mobil dan penggerak juga berada di roda depan. Berbeda dengan FR (Front Engine-Rear Wheel Drive), mesin berada di sisi depan tapi penggeraknya berada di belakang.

Keuntungan mobil dengan tipe FF, seperti pada Daihatsu Sirion, Ayla dan Sigra terletak pada distribusi berat mobil yang lebih ringan karena mobil tidak memerlukan tambahan komponen yang menghubungkan putaran mesin dari depan ke roda belakang.

 

 

2 dari 2 Halaman

Efeknya, tentu bahan bakar bisa lebih irit. Selain itu, traksi juga lebih baik untuk melibas jalanan licin. Hal itu tentu saja karena berat mobil terletak di bagian depan. 

Di lain sisi, penggerak roda belakang juga tidak kalah memiliki benefit. Menurut Daihatsu, mobil-mobil berpenggerak belakang seperti Xenia, Terios, Gran Max dan Luxio punya keseimbangan yang bagus, terutama saat berakselerasi serta ketika dikemudikan dengan kecepatan tinggi.

Dengan menjaga berat kendaraan dari depan hingga belakang, mobil jadi lebih stabil dan ketika di tanjakan, kemampuannya lebih powerful.

 

BERI KOMENTAR