HOME » BERITA » PENGGUNAAN POLES PADA DIECAST BERISIKO MERUSAK

Penggunaan Poles Pada Diecast Berisiko Merusak

Miniatur model kendaraan atau biasa dikenal dengan diecast memiliki penggemarnya tersendiri.

Senin, 11 Desember 2017 20:00 Editor : Fitradian Dhimas
Foto: Nazar Ray

OTOSIA.COM - Miniatur model kendaraan atau biasa dikenal dengan diecast memiliki penggemarnya tersendiri. Tersedia dalam berbagai merek, rupa dan ukuran, mengoleksi minatur model kendaraan ternyata memiliki kiat tersendiri untuk menjaga kondisinya.

Menurut Rama selaku Founder Indonesia Diecast Syndicate, perawatan biasanya dimulai dari pemilihan tempat penyimpanan. Hindari tempat yang terpapar sinar matahari langsung untuk menjaga warna diecast.

"Yang pasti rajin dibersihkan dengan dilap diecast dan lemarinya. Kalau punya yang rare item atay collector item mungkin lebih intensif lagi.

Terdapat dua pilihan dalam mengoleksi diecast, yakni dengan menyimpan bersama kemasan atau dibuka seutuhnya. Bagi kamu pemula yang memilih untuk membuka diecast, ada baiknya tak membuang kemasan tersebut karena akan mempengaruhi nilainya. Diecast yang dikeluarkan dari kemasan lebih rentan terkena kotoran, oleh karena itu pembersihan secara mendetail diperlukan.

"Karena part-part diecast itu banyak yang rapuh, sebaiknya pelan-pelan. Contohnya spion. Saya pribadi susah habis 2 spion karena terburu-buru saat membersihkan. Selain itu di bagian kaca juga, takutnya retak atau pecah," jelas Rama.

Terakhir adalah memoles. Fungsi dari tindakan ini untuk memberikan perlindungan dan menjaga tampilan diecast tetap prima. Hanya saja dalam penggunaan cairan poles juga perlu diperhatikan. Memakai cairan secara berlebihan justru akan merusak cat pada diecast.

(kpl/fid/fdk)

BERI KOMENTAR