HOME » BERITA » PENGUSAHA TRAVEL AKUI DAMPAK NEGATIF CORONA COVID-19

Pengusaha Travel Akui Dampak Negatif Corona Covid-19

Biro perjalanan akui penurunan konsumen yang signifikan sejak pandemi corona covid-19.

Rabu, 08 April 2020 20:15 Editor : Cornelius Candra
Pengusaha Travel Akui Dampak Negatif Corona Covid-19
Suasana jalanan Jakarta saat pandemi corona covid-19 (Otosia.com/ Nazar Ray)

OTOSIA.COM - Pandemi corona covid-19 yang melanda Indonesia memberi dampak negatif ke berbagai aspek, salah satunya ekonomi. Hal ini rupanya sangat dirasakan oleh para pengusaha biro perjalanan atau tour and travel.

Dari beberapa pengusaha yang dihubungi redaksi Otosia, semuanya mengutarakan hal yang senada. Mereka mengaku bahwa corona covid-19 menjadi faktor utama penurunan penghasilan mereka.

"Biasanya dalam 1 bulan ada 10 sampai 15 perjalanan. Tapi setelah corona jadi tidak ada sama sekali. Jangankan pesanan, pertanyaan konsumen pun tidak ada yang masuk," terang Hamzah Faruq, salah satu pengusaha biro perjalanan asal Malang, Jawa Timur.

1 dari 1 Halaman

Hal senada juga diungkap oleh pengusaha lainnya, Arif Rahman Hakim. Pria yang akrab disapa Ayik itu mengaku ada penurunan konsumen sejak pandemi corona covid-19, bahkan tanpa pesanan pada Maret 2020 kemarin.

Bisnis mobil rental pun turut merasakan dampak negatif dari pandemi corona covid-19. Hal itu diungkap langsung oleh Yulius Caesar, seorang pengusaha rental mobil asal Malang.

"Kalau rent car per bulan kira-kira mobil keluar selama 10-14 hari. Sekarang sejak corona covid-19, dalam 1 bulan hanya keluar 1-2 hari, jadi turunnya signifikan," jelasnya.

BERI KOMENTAR