HOME » BERITA » PENJUALAN MOBIL BEKAS MENINGKAT PESAT DI AWAL TAHUN 2019

Penjualan Mobil Bekas Meningkat Pesat Di Awal Tahun 2019

Terjadi pertumbuhan pesat pada penjualan mobil bekas di 3 bulan pertama 2019. Bahkan, penjualan mobil bekas mengalahkan segmen mobil baru.

Rabu, 20 Maret 2019 10:45 Editor : Cornelius Candra
Dealer mobil bekas Toyota Trust (Otosia.com/ Muhammad Ikbal)

OTOSIA.COM - Beberapa waktu lalu, Gaikindo sebagai induk otomotif di tanah air memang telah memprediksi bahwa pada tahun ini penjualan mobil bekas justru akan mengalami peningkatan yang cukup signifikan dibanding penjualan mobil baru. Gaikindo menilai, memasuki tahun politik (Pemilihan Umum & Pilpres), masyarakat cenderung akan menahan dahulu keinginan mereka untuk membeli mobil baru.

Nampaknya, prediksi Gaikindo tersebut bisa dikatakan sesuai. Memasuki bulan ketiga di tahun 2019, pasar mobil bekas mulai bergeliat. Hal tersebut, juga diungkapkan oleh Abd Rahim Amihsa Ramadhan selaku Sales Supervisor dari Toyota Trust.

"Pada 3 bulan pertama ini di 2019, bisa dikatakan pasar mobil bekas memiliki trend yang sangat positif. Biasanya, kita (pasar mobil bekas) itu selalu memiliki trend yang mengikuti pasar mobil baru, jadi kalo mobil baru meningkat, maka kita akan ikut meningkat. Nah kalo tahun ini justru unik, trend mobil baru tidak meningkat malah cenderung sepi, tapi kita mobil bekas malah sangat meningkat," ujar Abd Rahim.

Dirinya juga menyebutkan bahwa peningkatan di 3 bulan pertama tahun 2019 ini naik 30 hingga 50%. Bahkan, Abd Rahim menuturkan, pembelian mobil bekas tersebut juga didominasi oleh pembayaran dengan cara tunai dan bukan kredit.

"Pada bulan Februari kemarin memang agak tidak sebanyak Januari, ada sedikit menurun. Tapi di Maret ini sampai pertengahan saja sudah banyak banget mobil bekas yang laku. Bisa dibilang bulan ini peningkatan penjualannya sangat luar biasa yaa diluar dugaan. Mungkin total peningkatan selama 3 bulan pertama ini sekitar 30 sampai 50%. Dan mayoritas mereka itu belinya cash bukan kredit," beber Abd Rahim.

Abd Rahim juga memprediksi, bahwa peningkatan penjualan mobil bekas akan mencapai puncak penjualannya pada bulan Mei mendatang menjelang hari raya Idul Fitri dan di akhir tahun mendatang. Menurutnya, di bulan-bulan tersebut, peningkatan penjualan akan melonjak cukup signifikan.

"Penjualan sih pasti bakal meningkat pesatnya lagi pada menjelang lebaran dan akhir tahun yaa. Mungkin sekitar bulan Mei, November dan Desember. Itu peningkatannya bisa 2 kali lipat atau lebih. Karena mungkin orang banyak yang butuh kendaraan kali yaa buat mudik atau liburan," sambung Abd Rahim.

Untuk mengantisipasi tingginya permintaan terhadap mobil bekas di tahun ini, pihak Toyota Trust telah mempersiapkan berbagai langkah antisipasi. Salah satu langkah tersebut yaitu menambah stok terhadap mobil-mobil kelas LMPV dan SUV yang memang cukup laris di segmen mobil bekas.

(kpl/ikb/crn)

BERI KOMENTAR