HOME » BERITA » PENJUALAN MOBIL CHINA DI INDONESIA, INI DIA YANG PALING BANYAK TERJUAL

Penjualan Mobil China di Indonesia, Ini Dia yang Paling Banyak Terjual

Merek mobil China merupakan pilihan alternatif menarik dengan harga yang relatif terjangakau. Bagaimana penjualannya di bulan September 2021 kemarin?

Sabtu, 16 Oktober 2021 20:15 Editor : Arendra Pranayaditya
Penjualan Mobil China di Indonesia, Ini Dia yang Paling Banyak Terjual
DFSK 560 (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

OTOSIA.COM - Merek mobil China merupakan pilihan alternatif bagi konsumen di Indonesia yang mencari kendaraan dengan harga relatif terjangkau dengan beragam fitur yang menarik.

Saat ini ada tiga merek mobil Tionghoa yang berjualan di Tanah Air, yakni Wuling, DFSK, dan Morris Garage (MG). Yang terakhir, meski merek mobil Inggris, berada di bawah naungan Shanghai Auto Industry Corporation (SAIC), bahkan mobil-mobil mereka berbasis dari brand China lain bernama Roewe.

Setiap merek mempunyai produk unggulan masing-masing. Bahkan Wuling dan DFSK juga terjun ke pasar mobil niaga. Ketiga merek tersebut sama-sama bermain di segmen SUV. Namun hanya Wuling yang punya produk di kelas MPV lewat Confero dan Cortez.

1 dari 3 Halaman

Wholesales per brand

Dari ketiga brand Tiongkok di atas, manakah yang paling banyak terjual di Indonesia? Berdasarkan data whole sales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) bulan September 2021, secara total mobil asal China terjual sebanyak 2.661 unit.

Dari angka tersebut, merek Wuling menjadi yang terlaris dengan angka penjualan 2.300 unit. Wuling menawarkan 17 produk di Indonesia, mulai dari SUV Almaz hingga mobil niaga Formo. Namun kontribusi penjualan terbesar berasal dari MPV Confero S dengan angka 485 unit.

2 dari 3 Halaman

Posisi kedua diduduki oleh DFSK yang laku sebanyak 223 unit. Berbeda dari Wuling, DFSK tidak ikut bersaing di kelas MPV. Menariknya model terlaris DFSK adalah mobil niaga Supercab 1.5 AC STD dengan catatan penjualan sebesar 184 unit.

Posisi terakhir ditempati oleh MG. Merek asal Inggris ini tercatat terjual sebanyak 138 unit. MG saat ini hanya memasarkan 2 produk SUV, yakni ZS dan HS. Di antara kedua mobil tersebut, ZS tipe Ignite menjadi penopang penjualan MG di bulan September 2021, dengan angka 99 unit.

3 dari 3 Halaman

Daftar penjualan mobil China

Berikut daftar penjualan mobil China per brand berdasarkan data whole sales Gaikindo di bulan September 2021:

Brand

Whole sales

Wuling

2.300 unit

DFSK

223 unit

Morris Garage

138 unit

Total

2.661 unit

BERI KOMENTAR