HOME » BERITA » PENJUALAN SMALL SUV BULAN NOVEMBER 2021, TOYOTA RAIZE MELEJIT

Penjualan Small SUV Bulan November 2021, Toyota Raize Melejit

Di antara pilihan-pilihan Small SUV, penjualan Toyota Raize pada bulan November 2021 meroket tinggi dibanding rival-rivalnya.

Rabu, 22 Desember 2021 18:15 Editor : Arendra Pranayaditya
Penjualan Small SUV Bulan November 2021, Toyota Raize Melejit
Toyota Raize GR (TAM)

OTOSIA.COM - SUV punya pasarnya sendiri. Meski tidak gemuk seperti MPV, tampang gagah ditambah ground clearance tinggi kerap menjadi alasan kenapa masyarakat Indonesia banyak meminati mobil ini.

Di Indonesia, segmen SUV bisa dibagi menjadi beberapa kategori tersendiri, seperti SUV ladder frame, Medium SUV, Low SUV, hingga Small SUV.

Kategori yang terakhir mempunyai dimensi mirip city car, namun mengusung bodi yang lebih tinggi. Small SUV diramaikan oleh lima mobil, yakni Toyota Raize, Daihatsu Rocky, Nissan Magnite, KIA Sonet, serta Renault Kiger.

1 dari 4 Halaman

Kondisi jualan

Berdasarkan data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) bulan November 2021, total penjualan Small SUV mencapai 4.406 unit.

Dari jumlah itu, mobil yang paling laris adalah Toyota Raize yang berhasil dilepas sebanyak 3.901 unit. Angka tersebut jauh lebih tinggi dibanding rival yang belum bisa mencapai 1.000 unit.

2 dari 4 Halaman

Model dengan kontribusi terbesar jatuh pada Raize 1.0T GR CVT One Tone yang laris terjual sebanyak 1.570 unit.

Posisi kedua ditempati oleh Daihatsu Rocky. Mobil yang dikenal sebagai kembaran Toyota Raize ini menorehkan total penjualan sebesar 449 unit. Varian yang diincar adalah Rocky 1.2 X CVT yang mencatat 269 unit.

3 dari 4 Halaman

Cukup jauh dari penjualan Raize dan Rocky, posisi ketiga dan terakhir masing-masing ditempati Nissan Magnite dan KIA Sonet. SUV termurah dari Nissan itu mencapai total penjualan 29 unit, di mana model Magnite Premium Turbo CVT yang terjual 27 unit menjadi kontributor terbesar.

Nissan Magnite ditempel dekat oleh KIA Sonet yang sanggup melepas sebanyak 27 unit. Angka itu tembus berkat penjualan Sonet Premium AT.

Sementara Renault Kiger tidak diketahui datanya, mengingat Renault Indonesia sudah tidak menjadi bagian dari Gaikindo.

4 dari 4 Halaman

Daftar

Berikut daftar penjualan Small SUV terlaris, berdasarkan data whole sales Gaikindo bulan November 2021:

Small SUV

Penjualan

Toyota Raize

3.901 unit

Daihatsu Rocky

449 unit

Nissan Magnite

29 unit

KIA Sonet

27 unit

Renault Kiger

-

Total

4.406 unit

BERI KOMENTAR