HOME » BERITA » PENTING, 3 BAGIAN MOBIL INI BUTUH PERHATIAN EKSTRA SAAT MUSIM HUJAN

Penting, 3 Bagian Mobil Ini Butuh Perhatian Ekstra Saat Musim Hujan

Rabu, 07 November 2018 21:45 Editor : Dini Arining Tyas
Ilustrasi mengemudi saat hujan (Sentauro.net)

OTOSIA.COM - Memiliki mobil bukan perkara mudah. Setelah membelinya, Otolovers wajib merawatnya dengan baik selama masa pemakaian.

Jika tidak, ya jangan berharap umur mobilmu akan panjang. Perawatan mobil perlu dilakukan secara berkala.

Terlebih saat musim hujan seperti saat ini, mobil perlu perhatian ekstra. Terlepas hanya butuh membersihkannya saat sudah kotor.

Menurut laman resmi Daihatsu Indonesia, air hujan mengandung kadar asam yang cukup kuat, sehingga bisa membuat bagian-bagian tertentu di mobil menjadi karat. Karena air hujan bersifat korosif.

Parahnya, karena kondisi yang lembab, tentu akan memicu munculnya jamur juga di mobil. Lalu, bagian mana saja yang paling membutuhkan perhatian ekstra?

Velg

Velg mobil adalah bagian yang sangat penting. Selain itu juga, velg berfungsi untuk meningkatkan penampilan mobil supaya lebih terlihat keren. Setelah dipakai untuk menerjang hujan, velg harus segera dibersihkan. Sebab jika tidak, kotoran-kotoran yang ada pada velg akan mengerak. Kandungan zat asam yang ada pada air hujan akan membuat velg berkarat.

Kaca Mobil

Visibilitas pengemudi jelas akan terganggu jika kaca mobil tak bersih. Apalagi saat basah, jangan dibiarkan. Air hujan yang menempel di kaca harus segera dilap dengan baik untuk menghindari munculnya jamur pada kaca saat kering.

Lampu Mobil

Air hujan yang mengendap di lampu mobil akan membuatnya lembab, kalau tidak segera dilap. Maka lampu mobil akan meredup dikarenakan terhalang oleh jamur yang menempel akibat hujan. Jamur akan muncul tak hanya pada bagian lampunya, tetapi juga pada bagian mika.

 (kpl/tys)

BERI KOMENTAR