HOME » BERITA » PENTING, ALASAN PENGENDARA HARUS PAHAM TITIK BUTA KENDARAAN

Penting, Alasan Pengendara Harus Paham Titik Buta Kendaraan

Blind spot atau titik buta pada setiap kendaraan berbeda-beda. Penting bagi pengendara untuk memahami di mana area titik buta kendaraan di depan agar terhindar dari kecelakaan.

Jum'at, 25 Oktober 2019 11:15 Editor : Dini Arining Tyas
Penting, Alasan Pengendara Harus Paham Titik Buta Kendaraan
Memahami blind spot kendaraan (Bosch)

OTOSIA.COM - Ada banyak faktor yang harus dipahami pengendara agar meminimalisir kecelakaan. Salah satunya yakni memahami blindspot atau titik buta, yang mana dalam titik tersebut pandangan pengendara terbatas atau bahkan sama sekali tidak bisa melihat kondisi jalan di sekitar.

Baik kenaraan roda empat maupun roda dua, tetap sama-sama memiliki titik buta. Hanya saja titik buta kendaraan berbeda-beda. Maka itu sebagai pengendara sepeda motor pun harus tahu di mana titik buta kendaraan yang ditunggangi.

Blind spot sangat berbahaya untuk keselamatan pengendara. Ambil contoh, pada kendaraan bak tertutup, titik buta berada tepat di belakangnya. Jika pengendara motor berada di titik tersebut, maka sopir mobil tidak tahu jika ada kendaraan lain di belakangnya.

1 dari 1 Halaman

Cara Hindari Titik Buta

Penting, Alasan Pengendara Harus Paham Titik Buta KendaraanCara Hindari Titik Buta

Kondisi itu sangat berbahaya, jika tiba-tiba mobil tidak sengaja mundur dan lainnya. Itu mengapa blindspot wajib dihindari. Menurut laman Wahana Honda, sebenarnya tidak ada cara tepat untuk mengetahui area titik buta. Tapi, pemotor bisa menerapkan hal berikut:

Usahakan selalu menjaga jarak aman dengan kendaraan yang ada di depan. Seperti yang dicontohkan, kendaraan besar seperti bus dan truk memiliki area titik buta yang lebih besar dibandingkan dengan mobil kecil.

Nyalakan lampu utama kapanpun dan dimanapun. Cara mudah untuk memberi tahu posisi adalah dengan menggunakan sinyal berupa sorotan lampu.

Gunakan sinyal klakson. Jika tiba-tiba kendaraan di depan melakukan manuver yang aneh, jangan ragu untuk membunyikan klakson, agar pengendara di depan tahu jika ada kendaraan lain tepat di belakangnya.

 

BERI KOMENTAR