HOME » BERITA » PENTINGNYA MENGGUNAKAN HELM SNI BAGI PEMUDIK BERSEPEDA MOTOR

Pentingnya Menggunakan Helm SNI Bagi Pemudik Bersepeda Motor

Selasa, 23 Juni 2015 15:30

Pentingnya Menggunakan Helm SNI Bagi Pemudik Bersepeda Motor
Kemacetan sepeda motor saat mudik (Foto: ppublik)
Editor : Larasati​ ​Zu​hro

Otosia.com - Sebagian besar penduduk indonesia memiliki sepeda motor. Selain itu, sepeda motor merupakan kendaraan utama yang mereka jadikan alat transportasi. Karena ukurannya yang lebih kecil jika dibandingkan dengan mobil yang lebih rentan terjebak kemacetan jalan raya.

Hal inilah yang membuat beberapa pemudik lebih memilih mengendarai motor agar lebih cepat sampai kampung halamannya. Sebagai pengendara sepeda motor, atribut yang wajib nomor satu adalah helm. hal ini sesuai dengan ketentuan perundang-undangan. Namun tidak banyak masyarakat yang tahu tentang klasifikasi helm yang telah diatur oleh undang-undang.

Menurut Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan setiap kendaraan bermotor yang dioperasikan di jalan wajib dilengkapi dengan perlengkapan kendaraan bermotor. Perlengkapan tersebut bagi sepeda motor berupa helm SNI (Standar Nasional Indonesia).

Undang-undang tersebut mengatur setiap orang yang mengemudikan sepeda motor dan penumpang sepeda motor wajib mengenakan helm yang memenuhi standar nasional Indonesia. Jika pengendara tidak memakai helm berstandar SNI, maka dapat dikenakan pidana kurungan paling lama 1 (satu bulan atau denda paling banyak Rp250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah). Apabila pengendara sepeda motor membiarkan penumpangnya tidak mengenakan helm juga dapat dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak Rp250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah).

Peraturan penggunaan helm memang dibuat sedemikian rupa untuk menjaga keamanan si pengendara itu sendiri Otolovers. Karena SNI telah membuat ketetapan keamanan tersendiri bagi masyarakatnya. Himbauan ini dilakukan karena saat keramaian lalu lintas tinggi, tingkat kecelakaan yang terjadi pun juga tinggi Otolovers.

Tidak ada motif untuk mengambil keuntungan dari masyarakat atau semacamnya. Jika Anda berencana untuk pergi ke kampung halaman menjelang lebaran nanti, demi keamanan Anda dan keluarga di hari bahagia jangan lupa menggunakan helm yang berstandar SNI ya Otolovers.

(kpl/lrs)







Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-5-5
detail

BERITA POPULER