HOME » BERITA » PENUMPANG TENGAH DAN BELAKANG TAK BOLEH MALAS PAKAI SAFETY BELT, INI BAHAYANYA

Penumpang Tengah dan Belakang Tak Boleh Malas Pakai Safety Belt, ini Bahayanya

Selasa, 22 Januari 2019 21:45 Editor : Dini Arining Tyas
Ilustrasi sabuk keselamatan (wheelsforwomen.ie)

OTOSIA.COM - Dulu mungkin keberadaan safety belt atau sabuk pengaman pada mobil hanya ada untuk baris kursi depan. Tapi seiring perkembangan zaman, kursi baris kedua, bahkan ketiga juga dilengkapi dengan sabuk pengaman.

Hal ini lantaran sabuk pengaman sangat penting, sebab setidaknya sabuk pengaman bisa menahan penumpang saat terjadi benturan. Tapi sayangnya masih banyak yang masih abai soal penggunaan sabuk pengaman.

Padahal penggunaan sabuk pengaman ini juga bisa membuat pengendara terhindar dari tindakan tilang petugas kepolisian. Mengutip laman resmi Suzuki Indonesia, efek tak pakai sabuk pengaman ini juga bisa sangat fatal saat terjadi kecelakaan.

Penumpang baris kedua dan ketiga sering mengalami cedera yang lebih parah pada beberapa kasus kecelakaan, karena abai soal safety belt. Mengapa demikian?

Saat penumpang yang tidak menggunakan sabuk pengaman terutama penumpang di bagian belakang, baik kedua maupun terakhir akan mengalami efek seperti bola pinball yang memantul dari satu sisi ke sisi lainnya saat terjadi benturan keras pada kasus kecelakaan. Hal ini juga berdampak fatal akan keselamatan, mulai dari luka-luka hingga kematian.

Nah Otolovers jangan malas pakai safety belt ya. Meskipun kerap berhati-hati, kecelakaan bisa saja terjadi kapan pun.

 

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR