HOME » BERITA » PENYANDANG DISABILITAS BOLEH MEMILIKI SIM, INI SYARATNYA

Penyandang Disabilitas Boleh Memiliki SIM, Ini Syaratnya

Simak beberapa syarat memiliki SIM D bagi para penyandang disabilitas.

Sabtu, 18 Mei 2019 12:15 Editor : Cornelius Candra
Ilustrasi penyandang disabilitas (wmar2news.com)

OTOSIA.COM - Surat Izin Mengemudi (SIM) adalah salah satu syarat mutlak agar seseorang diperbolehkan mengemudikan kendaraan bermotor di jalan raya, baik mobil maupun sepeda motor.

Tak hanya orang sehat jasmani saja yang boleh memiliki SIM, mengutip dari akun instagram resmi Subdit Dikmas Korlantas Polri, @dikmaslantaspolri, para penyandang disabilitas juga bisa mendapatkannya.

Berbeda dengan SIM pada umumnya yang dipisah berdasarkan kendaraan yang digunakan, para penyandang disabilitas atau cacat memiliki kategori terendiri yaitu SIM D.

Syarat mendapatkannya sebenarnya juga tak berbeda dengan SIM pada umumnya. Berikut ketentuan untuk mendapatkan SIM D bagi parap penyandang disabilitas:

1. Berusia minimal 17 tahun
2. Memiliki KTP
3. Sehat jasmani dan rohani

Yang dimaksud sehat jasmani ialah keterbatasan fisik pemohon SIM D masih dianggap memungkinkan untuk mengemudikan kendaraan bermotor. Tentu kondisi mental juga harus baik untuk menjamin keselamatannya dan pengguna jalan lain.

Setelah berbagai syarat tersebut terpenuhi tentunya juga akan ada tes teori dan ujian praktik layaknya mendapatkan SIM pada umumnya. Kendaraan yang digunakan pun khusus dan ramah penyandang disabilitas.

(kpl/crn)

BERI KOMENTAR