HOME » BERITA » PENYEBAB KICK STARTER MOTOR KERAS TERNYATA KARENA HAL SEPELE

Penyebab Kick Starter Motor Keras Ternyata karena Hal Sepele

Senin, 15 April 2019 21:45 Editor : Dini Arining Tyas
Ilustrasi (Rideapart)

OTOSIA.COM - Keberadaan kick starter atau starter kaki pada setiap motor untuk membantu pengendara kalau starter elektrik tak berfungsi. Apalagi saat aki motor soak, sudah bisa dipastikan motor hanya bisa dinyalakan dengan kick starter.

Tapi rupanya, kadang keberadaan starter kaki ini terlupakan, atau bahkan terabaikan. Lantaran, pengendara motor sudah terlanjur terbiasa dengan starter elektrik.

Padahal, si starter kaki juga bisa bermasalah. Bayangkan jika starter elektrik tak berfungsi, lalu kick starter juga tak bisa berfungsi. Mesin tak akan menyala.

Perlu Otolovers tahu, kebiasaan sepele yang dianggap tak berdampak justru menjadi penyebab kick starter keras. Jika begitu, butuh kerja ekstra untuk menggunakannya.

Kick starter keras biasanya karena sudah berkarat. Menurut Honda Cengkareng, hal itu terjadi karena kick starter jarang digunakan dan tidak pernah dilumasi dengan oli. Akibatnya, per stopper penghubung gir dan gir primer berkarat.

Jika sudah begini, cara mengatasi kick starter keras harus membongkar blok CVT. Lalu bersihkan bagian penghubung gir menggunakan kuas dan angin bertekanan tinggi (kompresor). Supaya semakin lancar dan tidak keras, gunakan gemuk atau grease pada per stopper dan alir gir agar tetap licin.

Setelahnya, tentu Otolovers harus menjaga kick starter agar siap dipakai kapan saja. Caranya, tentu dengan merawatnya secara rutin. Minimal 6 buans ekali atau setiap 8.000 kilometer dengan melepas cover CVT lalu lepaskan gigi pengungkit dengan menarik dan menggerak-gerakkan kick starter ke bawah.

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR