HOME » BERITA » PERANG MOTOR INJEKSI SEPANJANG TAHUN 2012

Perang Motor Injeksi Sepanjang Tahun 2012

Senin, 17 Desember 2012 21:05

Perang Motor Injeksi Sepanjang Tahun 2012
New Yamaha V-Ixion (Foto: Nazar Ray)
Editor : Anton

Otosia.com - Berdalih mengurangi pencemaran udara, sepanjang tahun 2012, beberapa produsen sepeda motor di Tanah Air giat mengembangkan dan meluncurkan produk sepeda motor yang mengusung teknologi injeksi. PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) menjadi salah satu produsen motor injeksi di Indonesia.

Pabrikan berlambang garpu tala tersebut telah meluncurkan sederet motor injeksi, yakni Mio J, Soul GT dan New V-Ixion.

Demikian pula halnya dengan PT Astra Honda Motor (AHM). Agen Pemegang Merek (APM) bermotto 'Satu Hati' ini pun memperkenalkan Honda Vario Techno 125, Supra X 125, Spacy Helm-In AT, Honda PCX, CBR500R dan yang terbaru Honda CB150R Street Fire. Semua produk Honda ini mengusung teknologi Programmed Fuel Injection alias PGM-FI.

Begitu pun dengan pabrikan Suzuki Indonesia, meski pernah memproduksi Suzuki Shogun 125 FI pada tahun 2008 silam, kembali meluncurkan teknologi injeksinya dengan produk New Suzuki Shogun 125 FI dan New Nex Super FI.

Semua pabrikan  saling unjuk kemampuan produk injeksinya masing-masing. Para pabrikan masing-masing mengaku bahwa produk mereka adalah yang terbaik, ramah lingkungan, irit bahan bakar dan lain-lain.

Teknologi injeksi memang memiliki kesulitan lebih jika dibandingkan dengan sistem karburator. Jika semua sepeda motor sudah menggunakan teknologi injeksi bahan bakar ini, maka para produsen sepeda motor harus menyiapkan para teknisi yang trampil memiliki pengetahuan tentang penanganan kerusakan yang dialami motor-motor injeksi, agar tidak merugikan konsumen.(kpl/tr/bun)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-5-3
detail

BERITA POPULER