HOME » BERITA » PERHATIKAN HAL-HAL INI KETIKA NAIK MOTOR DI MASA NEW NORMAL

Perhatikan Hal-hal ini Ketika Naik Motor di Masa New Normal

Naik motor saat new normal tetap tidak boleh melupakan keselamatan, kenyamanan dan tetap menjalankan protekoler kesehatan

Kamis, 18 Juni 2020 13:15 Editor : Nazarudin Ray
Perhatikan Hal-hal ini Ketika Naik Motor di Masa New Normal
Ilustrasi pengendara sepeda motor (Nazar Ray)

OTOSIA.COM - Sejak COVID-19 mulai merebak awal Maret lalu, masyarakat Indonesia kini bersiap memasuki tatanan hidup baru atau new normal. Menjelang new normal, sebagian masyarakat sudah mulai melakukan aktivitas kembali, dengan menerapkan protokoler kesehatan.

New normal dapat menjadi kebiasaan baru bagi pengendara sepeda motor setelah sebelumnya lebih banyak menghabiskan waktu di rumah.

Meski tidak keluar rumah dalam waktu cukup lama, ketika berkendara tetap tidak boleh melupakan keselamatan dan kenyamanan. Memasuki new normal, ada baiknya memerhatikan beberapa hal, baik sebelum atau saat berkendara.

1 dari 3 Halaman

Sebelum berkendara, dianjurkan untuk mengecek suhu tubuh terlebih dahulu guna memastikan kondisi badan sehat. Tapi bila suhu tubuh menunjukkan 37,3 derajat atau lebih, sebaiknya tidak beraktivitas di luar rumah.

Dari sisi sepeda motor. Cek kembali kondisi sepeda motor, dan pastikan motor tetap layak digunakan meski lama tidak terpakai. Ada baiknya periksa kembali, apakah ada kebocoran oli atau tidak, tekanan angin ban, pengereman, kopling, dan lampu-lampu masih berfungsi dengan baik.

Jangan lupa gunakan riding gear standar, seperti helm, sarung tangan, dan jaket. "Para biker sebaiknya membawa masker cadangan untuk antisipasi apabila masker kotor atau basah saat berkendara, sehingga saat sampai di tujuan tetap dapat beraktifitas menggunakan masker dengan sehat dan nyaman,? ujar Johannes Lucky, Manager Safety Riding AHM.

2 dari 3 Halaman

Lalu hindari penggunaan helm secara bergantian dan selalu gunakan visor saat berkendara untuk mencegah benda asing masuk serta mencegah mengusap mata saat dalam perjalanan.

Bikers yang berkendara menggunakan buff sebaiknya juga tetap menggunakan masker agar kemampuan penyaringan partikel berbahaya dapat bekerja lebih baik. Sarung tangan yang digunakan sebaiknya yang menutupi seluruh bagian tangan (full cover).

Bila hanya memiliki satu sarung tangan, selalu terapkan cuci tangan sebelum dan sesudah menggunakan sarung tangan.

3 dari 3 Halaman

Ketika berada di jalan raya, hindari melintasi wilayah-wilayah yang merupakan pusat pandemi atau teridentifikasi sebagai zona merah, dengan mencari jalur alternatif lainnya. ?Usahakan saat berkendara, tetap cari aman, menjaga jarak dengan pengendara lainnya, serta hanya berboncengan dengan keluarga atau kerabat yang tinggal bersama dalam satu rumah,? lanjut Lucky.

Setibanya di tempat tujuan, lepas seluruh perlengkapan berkendara. Setelahnya jangan lupa cuci tangan dan wajah dengan sabun. Jika telah sampai rumah, segeralah mandi sebelum bertemu keluarga. Riding gear yang telah digunakan dapat disimpan di bagasi motor atau sediakan tas tersendiri.

?Bila memungkinkan, lakukan penyemprotan disinfektan ke riding gear yang telah digunakan dan sarungkan motor dengan kain pelindung saat tidak digunakan agar tidak terpapar udara secara langsung,? lanjut Lucky.

Jaket berkendara dan sarung tangan yang telah digunakan sebaiknya langsung dicuci atau disemprot disinfektan, sehingga mengurangi potensi terpapar bakteri ataupun virus, terutama untuk keluarga di rumah.

BERI KOMENTAR