HOME » BERITA » PERIKSA 3 HAL INI SEBELUM MUDIK PAKAI MOTOR KUSTOM

Periksa 3 Hal Ini Sebelum Mudik Pakai Motor Kustom

Minggu, 13 Mei 2018 09:15

Periksa 3 Hal Ini Sebelum Mudik Pakai Motor Kustom
Motor Custom Touring by Suryanation Motorland
Editor : Dini Arining Tyas | Reporter : Dimas Wahyu

Otosia.com - Mudik naik sepeda motor sedari awal sudah diwanti-wanti untuk tidak dilakukan. Para pemudik ini disarankan untuk naik kendaraan roda empat atau lebih, atau kereta, pesawat, ataupun kapal laut. Saran yang sama juga ditekankan oleh Atenk, builder dari Katros Garage.

"Naik motor custom. Secara defensive, di mana-mana mudik naik motor ya memang tidak disarankan. Jadi sebisa mungkin naik kendaraan roda empat. Alasannya supaya motor bisa dipakai ke mana-mana di sana. Ya sebaiknya motornya dipaketin aja," ujarnya.

Namun jika memang terpaksa naik motor, dan merupakan model custom, setidaknya ada tiga hal yang harus dicek sebelum jalan. Ia pun mengistilahkannya dengan "pre-trip inspection".

Pengecekan ini sendiri di luar urusan mesin karena umumnya perawatan mesin adalah memperhatikan kondisi seperti penggantian oli, rembesan, dan lainnya. Di luar itu, hal penting pertama yang mesti dicek adalah kaki-kaki.

"Paling pertama yang dicek adalah bagian kaki-kaki. Mulai dari yang simpel, seperti laher roda, kondisi ban, pelek, teromol semua segala macam," ujarnya.

Jika itu sudah dicek, mulai perhatikan kondisi sasis. Soalnya sasis motor custom sudah bukan bawaan yang orisinal.

"Sudah las-lasan yang dibuat bengkel custom. Nah itu kondisi fisik dicek apakah sudah karatan dan segala macam," ujarnya.

Satu hal lagi yang penting juga untuk dicek adalah tangki bensin. Mengingat tangki juga kadang dibuat secara khusus, maka pastikan tidak ada kebocoran di sana.

"Kalau bagian tangki, itu dicek bocor apa enggak. Kalau jalan jauh, bocoran itu akan makin melebar soalnya ada getaran mesin," kata dia.

Pada intinya, pengguna motor custom mesti tahu batas maksimal motor sampai mana sehingga jangan dipaksakan.

"Si pengendara juga harus ekstra hati-hati. Jadi, aman atau enggak bukan cuma ditentukan dari motornya, tetapi ridernya sendiri. Kalau ugal-ugalan ya enggak aman."

 (kpl/why/tys)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2018-5-14
detail

BERITA POPULER