HOME » BERITA » PERIKSA 3 KOMPONEN INI SEBELUM BERKENDARA SAAT HUJAN YA GIRLS

Periksa 3 Komponen Ini Sebelum Berkendara Saat Hujan ya Girls

Berkendara saat kondisi hujan tentunya menjadi tantangan tersendiri, khususnya bagi wanita. Pasalnya, kondisi ini membuat respon pengendalian kendaraan menjadi lebih sulit.

Senin, 25 Juni 2018 21:45 Editor : Dini Arining Tyas
Foto by pexels.com

OTOSIA.COM - Berkendara saat kondisi hujan tentunya menjadi tantangan tersendiri, khususnya bagi wanita. Pasalnya, kondisi ini membuat respon pengendalian kendaraan menjadi lebih sulit. Apalagi jika kendaraan tidak dalam kondisi terbaiknya, risiko terjadinya insiden bisa menjadi lebih besar.

Oleh karena itu, sebagai wanita harus tetap waspada. Anda perlu memeriksa 3 komponen ini sebelum memulai berkendara. Pasalnya, ketiga komponen ini akan membantu dalam berkendara saat kondiai hujan seperti dilansir dari popularmechanics.com, Senin (25/6/2018).

1. Ban

Merupakan komponen yang menempel dengan jalan, ban memiliki peranan penting. Cobalah memeriksa kondisi tapak ban, apakah masih bagus atau sudah aus. Caranya cukup mudah, yakni dengan melihat indikator berupa simbol segitiga menunjuk ke arah dalam ban.

Cobalah perhatikan apakah permukaan ban sudah sejajar dengan ujung segitu tersebut apa belum. Jika sudah, ada baiknya mengganti ban karena hal tersebut merupakan pertanda keausan. Selain itu periksa pula bentuk permukaan dan dinding ban, apakah ada suatu abnormalitas seperti benjolan.

2. Wiper

Penggunaan wiper sangatlah krusial dalam menyapu air di permukaan kaca depan. Tanpanya, kemampuan pengelihatan menjadi sangat terganggu akibat air yang membasahi kaca depan. Periksa apakah terdapat kotoran menempel pada karet wiper, cobalah aktivitkan sambil sesekali menyemprotkan air ke kaca depan untuk melihat wiper bekerja dengan baik.

3. Lampu

Mungkin Anda akan bertanya untuk apa lampu saat berkendara di kondisi hujan. Penggunaan lampu akan sangat membantu dalam menjaga Anda dari insiden yang tak diinginkan. Selain meningkatkan jarak pengelihatan, menyalakan lampu saat hujan juga membuat pengendara lain lebih mengetahui keberadaan Anda.

(kpl/fid/tys)

BERI KOMENTAR