HOME » BERITA » PERILAKU PEJALAN KAKI INDONESIA HARUS BELAJAR DARI MASYARAKAT JEPANG!

Perilaku Pejalan Kaki Indonesia Harus Belajar dari Masyarakat Jepang!

Sama-sama masyarakat belahan bumi 'Timur', tapi selalu punya perbedaan pada kebiasaan. Seperti menyeberang jalan misalnya.

Jum'at, 08 Desember 2017 17:15 Editor : Fajar Ardiansyah
Zebra Cross (foto: Tomo - Japanese)

OTOSIA.COM - Jepang memang seringkali terdengar sangat keren dalam berbagai hal, salah satunya teknologi. Tapi ternyata ada yang lebih mencengangkan daripada sekadar pasar otomotif yang dikuasai Jepang. Perilaku pejalan kakinya juga bisa dibilang jauh di atas masyarakat Indonesia pada umumnya.

Jika masyarakat Indonesia terkadang tak terlalu peduli dengan orang lain saat menyeberang jalan, orang Jepang justru malah saling memberi apresiasi.

Seperti pada video milik akun facebook Tomo - Japanese berikut ini, Otolovers. Terlihat sekali masyarakat Jepang yang berjalan kaki saat di tengah-tengah menyeberang jalan, mereka menyempatkan menunduk untuk melintas di depan kendaraan. Hal tersebut jadi bentuk rasa terimakasih karena diberikan jalan untuk lewat di depan kendaraan.

Mungkin secara kultur masih cukup mirip dengan masyarakat Indonesia yang biasanya membungkuk saat melewati orang lain yang duduk di depannya. Tapi tak ada salahnya ya jika masyarakat Indonesia bisa mencontoh dan menerapkan sikap menghormati tersebut ke aspek lain di kehidupan, seperti berkendara dan menggunakan fasilitas jalan!.

(kpl/fjr)

BERI KOMENTAR