HOME » BERITA » PERISTIWA MALL DEPOK AMBRUK, BAGAIMANA URUSAN ASURANSI MOBIL TERKENA RERUNTUHAN BANGUNAN?

Peristiwa Mall Depok Ambruk, Bagaimana Urusan Asuransi Mobil Terkena Reruntuhan Bangunan?

Mobil yang rusak akibat tertimpa reruntuhan bangunan tetap ditanggung asuransi sepanjang pemegang polis telah memperluas jaminan dan memilih asuransi comprehensive.

Senin, 23 Agustus 2021 20:00 Editor : Nazarudin Ray
Peristiwa Mall Depok Ambruk, Bagaimana Urusan Asuransi Mobil Terkena Reruntuhan Bangunan?
Ilustrasi mobil tertimpa reruntuhan bangunan (france24.com)

OTOSIA.COM - Pada akhir pekan kemarin media ramai memberitakan plafon bangunan Mal Margo City, Depok, Jawa Barat secara tiba-tiba runtuh. Akibat peristiwa tersebut 11 orang terluka dan 1 orang dikabarkan meninggal dunia.

Selain menelan korban jiwa, reruntuhan bangunan tersebut juga merusak beberapa mobil yang terparkir di bawahnya.

Terkait dengan kasus di atas bagaimana dengan urusan ganti rugi kerusakan mobil? Di sisi lain, apakah pihak asuransi dapat menggantikan kerugian risiko tersebut?

1 dari 3 Halaman

Menurut L. Iwan Pranoto selaku Head of Communication and Customer Service Management Asuransi Astra, pada dasarnya risiko kendaraan tersebut bisa ditanggung pihak asuransi.

Sebab, kejadiannya termasuk kepada kerugian atau kerusakan yang tercantum pada Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSAKBI) pasal 1 ayat 1.1 mengenai tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir, atau terperosok.

 

2 dari 3 Halaman

Dalam kasus ini kerusakan terjadi karena adanya benturan dari serpihan atau bahkan tertimpa langsung reruntuhan gedung. Hanya saja yang perlu menjadi perhatian adalah tidak semua kerugian bisa diklaim. Kerugian tidak dapat diklaim jika termasuk kepada hal yang dikecualikan.

Ketentuan tersebut tercantum di PSAKBI Bab II Pasal 3. Aturan itu mencakup pengecualian pertanggungan atas kerugian, kerusakan dan/atau biaya atas kendaraan bermotor pada ayat 3.1 yang disebabkan oleh, akibat dari, ditimbulkan oleh kerusuhan, pemogokan, penghalangan bekerja, tawuran, huru-hara, pembangkitan rakyat, pengambil-alihan kekuasan, revolusi, pemberontakan, kekuatan militer, invasi, perang saudara, perang dan permusuhan, makar, terorisme, sabotase, penjarahan serta dalam ayat 4.5 jika memasuki atau melewati jalan tertutup, terlarang, tidak diperuntukkan untuk kendaraan bermotor atau melanggar rambu-rambu lalu-lintas.

3 dari 3 Halaman

Jenis pertanggungan dapat memengaruhi apakah kerusakan ditanggung asuransi atau tidak. Apabila jenis pertanggungan yang diambil adalah comprehensive akan ditanggung oleh asuransi.

Akan tetapi, apabila jenis pertanggungan yang diambil adalah TLO (Total Loss Only) perlu melihat terlebih dahulu biaya perbaikannya yang harus lebih besar atau sama dengan 75% harga pertanggungannya..

"Para pemegang polis diharapkan memeriksa kembali polis yang dimiliki, untuk memastikan jenis perlindungannya. Jika perlu ajukan perluasan jaminan sesuai kebutuhan guna memberikan proteksi lebih pada kendaraan," imbuhnya.

 

 
BERI KOMENTAR