HOME » BERITA » PERLU WASPADA, INI 5 TIPS AMAN MENGENDARAI MOBIL DI MUSIM HUJAN

Perlu Waspada, Ini 5 Tips Aman Mengendarai Mobil di Musim Hujan

Jangan sampai ceroboh, begini cara aman mengendarai mobil di musim hujan

Jum'at, 18 Desember 2020 10:15 Editor : Ahmad Muzaki
Perlu Waspada, Ini 5 Tips Aman Mengendarai Mobil di Musim Hujan
Ilustrasi mengemudi saat hujan (Carfromjapan.com)

OTOSIA.COM - Saat ini Indonesia sudah memasuki musim penghujan. Dan ketika berkendara di guyuran hujan yang lebat, risiko kecelakaan semakin tinggi. Selain jalan yang licin, jarak pandang yang terbatas juga menjadi salah satu faktor penyebabnya.

Agar kejadian-kejadian yang tak diinginkan tidak terjadi, Otolovers perlu melakukan beberapa tips dalam berkendara di musim hujan. Berikut ini ulasan lengkapnya yang dilansir dari akun Instagram @divisihumaspolri (17/12).

1 dari 3 Halaman

1. Cek Kondisi Ban

Sebelum melakukan perjalanan, Otolovers harus mengecek beberapa komponen mobil, salah satunya adalah ban. Pastikan tekanan angin, telapak, alur, dan dinding ban tidak aus atau rusak.

2. Cek Lampu

Kemudian cek juga bagian pencahayaan, baik itu lampu depan, belakang, hingga sein. Pasalnya saat berkendara di guyuran hujan lampu menjadi alat komunikasi antar pengemudi.

Selain itu, pencahayaan juga penting untuk memperjelas pandangan pengemudi ke jalan atau kondisi di depannya.

2 dari 3 Halaman

3. Pelan saat Ada Genangan

Saat hujan biasanya beberapa bagian jalan ada yang tergenang air. Nah, Otolovers harus mengurangi kecepatan mobil saat melewatinya.

Hal ini penting dilakukan, sebab genangan air yang ada bakal menutup jalan yang berlubang. Dan jika mobil melaju kencang saat melewatinya, tentu akan berisiko terjadi kecelakaan.

Selain itu, melaju pelan di genangan air juga penting supaya cipratan air dari roda tidak sampai ke atas hingga mengenai pengendara lainnya.

3 dari 3 Halaman

4. Cek Kondisi Wiper

Air hujan tentu sangat menggangu visibilitas pengemudi. Maka dari itu kondisi wiper harus dicek terlebih dulu sebelum berkendara. Ini dilakukan untuk memastikan kinerja wiper sudah bekerja dengan baik atau belum.

5. Jaga Jarak Aman

Terakhir adalah menjaga jarak aman dengan kendaraan lainnya. Ini dilakukan agar tidak terjadi tabrakan saat kendaraan di depan mengerem mendadak.

BERI KOMENTAR